Indodax Klaim Warga Indonesia Kian Berminat Investasi Kripto, Ini Alasannya

Uang  
Beberapa contoh mata uang kripto di dunia, Bitcoin (bawah kanan), Ethereum (tengah), Ripple (kanan), dan Cardano (kiri). (Foto: EPA)
Beberapa contoh mata uang kripto di dunia, Bitcoin (bawah kanan), Ethereum (tengah), Ripple (kanan), dan Cardano (kiri). (Foto: EPA)

CEO Indodax, Oscar Darmawan, menilai rakyat Indonesia semakin minat investasi kripto. Ia beralasan ada 17,7 juta pelanggan yang terdaftar dalam pasar aset kripto hingga Agustus 2023.

“Bulan Agustus 2023 juga tercatat penambahan sebanyak 119 ribu pelanggan. Rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar mencapai 466 ribu pelanggan setiap bulan,” ujar Oscar dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, transaksi aset kripto pada Agustus mencapai Rp 10,64 triliun. Jika ditotal dari Januari-Agustus 2023, total nilai transaksi aset kripto sebesar Rp 86,45 triliun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat ini, masyarakat memiliki pemahaman matang terhadap potensi dan manfaat aset kripto sebagai salah satu instrumen investasi modern yang menarik. Sehingga, membantu masyarakat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.

Terlebih, lanjut Oscar, bitcoin diprediksi akan mengalami halving day (peristiwa ketika imbal hasil untuk menambah transaksi bitcoin dipotong setengah atau 50 persen) sehingga investor berlomba-lomba mengumpulkan bitcoin guna memperoleh hasil investasi yang menguntungkan.

Menurut Oscar, adanya bursa kripto di Indonesia turut membantu memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap aset kripto di Indonesia karena bursa kripto membuat ketidakpastian menjadi berkurang.

“Hadirnya bursa kripto ini membuat Indonesia dicatat sebagai negara pertama yang memiliki ekosistem perdagangan kripto yang lengkap, mencakup investor, pedagang fisik aset kripto, bursa, depository, dan kliring. Keberadaan bursa kripto ini akan menjadi kunci utama dalam membentuk iklim investasi kripto Indonesia yang sehat dan aman,” jelas Oscar.

Bagi Indodax, peraturan-peraturan yang ada saat ini di Indonesia sudah sangat baik. Indodax dinyatakan juga sudah menjalankan dan mampu mengikuti peraturan yang ada dengan melakukan proof of reserve. Hal ini sejalan dengan spirit pengaturan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI) untuk melindungi masyarakat.

“Kita ingin mengajak teman-teman industri untuk segera menjalankan pengaturan dari regulator ini. Dengan adanya bursa kripto, volume perdagangan aset kripto akan terus meningkat, dan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional," kata Oscar menegaskan. "Berdirinya bursa kripto juga akan meramaikan market crypto Indonesia dan menciptakan lebih banyak peluang kerja dan inovasi di sektor ekonomi digital Indonesia."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image