Agar tak Terjebak Pinjol Ilegal, Ikuti Tips Sederhana dari OJK Ini

Tips  
Tips agar tak terjerat pinjol ilegal/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)
Tips agar tak terjerat pinjol ilegal/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)

Kerugian akibat penipuan berkedok investasi maupun pinjaman online (pinjol) ilegal mencapai Rp 139 triliun sepanjang tahun 2017-2023. Kerugian masyarakat akibat investasi dan pinjol ilegal tersebut setara dengan anggaran untuk membangun 1.390 km jalan tol atau membuka 11.300 puskesmas baru.

“Oleh karena itu, kami tidak henti-hentinya juga mengingatkan untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penawaran investasi,” kata Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Halimatus Sa’diyah dalam webinar bertajuk “Program Literasi Keuangan Ibu Berbagi Bijak 2023” oleh Visa yang diselenggarakan secara daring, dipantau dari Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Agar tak terjebak pinjol ilegal, Halimatus lantas memberi tips khusus. “Selalu ingat tips 2L,” kata dia mengingatkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Halimatus menjelaskan, L yang pertama adalah legal. Ia meminta siapa pun memastikan perusahaan yang menawarkan investasi maupun pinjol tersebut memiliki izin dari otoritas yang berwenang.

Selain itu, lanjut Halimatus, masyarakat juga harus memastikan pihak yang menawarkan investasi maupun pinjaman memiliki izin dalam menawarkan produk atau tercatat sebagai mitra pemasar. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memastikan pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kemudian, pastikan L yang kedua, yaitu logis,” kata Halimatus.

Halimatus mengingatkan, salah satu karakteristik dari investasi maupun pinjol yang ilegal adalah janji-janji yang tidak wajar, keuntungan dalam waktu yang cepat, hingga klaim tanpa risiko. “Pastikan keuntungan dari produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan masuk akal dan tidak ada indikasi penipuan,” jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Halimatus menyoroti pentingnya literasi keuangan bagi masyarakat agar tidak mudah terjebak dengan investasi dan pinjol yang ilegal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image