4 Gejala Stres yang Sering tak Disadari, Ini Tanda-Tandanya

Gaya Hidup  
Stres yang tak disadari/ilustrasi (foto:republika.co.id)
Stres yang tak disadari/ilustrasi (foto:republika.co.id)

Padatnya aktivitas dan tekanan hidup yang berat sering memicu stres yang kadang tidak disadari. Namun gejala yang sering muncul sebagai tanda stres bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya, tergantung pada penyebab dan ketahanan tubuh.

Ada beberapa tanda yang dapat muncul pada tubuh saat seseorang mengalami stres. Lalu, apa saja kondisi yang tidak disadari sebagai tanda dari stres? Simak penjelasannya berikut ini.

Berbagai penyebab yang dapat menjadi pertanda stres

Berikut beberapa kondisi yang sering tidak disadari:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Perubahan emosi

Perubahan emosi menjadi salah satu tanda paling umum yang terjadi pada pengidap stres.

Kondisi ini menyebabkan seseorang mudah gusar, merasa frustasi, dan suasana hati menjadi mudah berubah-ubah alias mood swing

Orang yang mengalami stres umumnya akan sulit untuk menenangkan pikiran, merasa rendah diri, kesepian, bingung, menghindari orang lain, sulit mengendalikan diri, hingga depresi.

2. Perubahan Perilaku

Dalam tingkat yang parah, rasa tertekan dan stres bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan perilaku. Kondisi ini menyebabkan penurunan nafsu makan, tidak fokus dan sering menghindari tanggung jawab, sering gugup, mudah marah, mengisolasi diri hingga mencari “pelampiasan” misalnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

3. Gejala Fisik

Perubahan kondisi fisik juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami stres .Hal ini menyebabkan seseorang mudah merasa lemas, pusing, migrain, gangguan pencernaan, nyeri otot, serta jantung berdebar. Stres juga sering ditandai dengan sulit tidur di malam hari, tubuh gemetar, kaki terasa dingin dan berkeringat, mulut kering, sulit menelan, hingga menurunnya hasrat seksual.

4. Perubahan Kognitif

Selain ciri fisik, stres juga bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan kognisi. Kondisi ini membuat seseorang menjadi sering lupa, sulit memusatkan perhatian, selalu berpikir negatif, pesimis, dan sering membuat keputusan yang tidak baik.

Jangan remehkan stres yang berlangsung dalam waktu lama apalagi muncul secara berulang.

Kalau itu yang terjadi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau psikiater untuk mengatasi stres.

Pemeriksaan dibutuhkan untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan gejala stres bisa muncul dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image