Juarai Even Karate Internasional, 3 Mahasiswa Unkris Raih Beasiswa dari Kampus

News  
Wakil Rektor (Warek) 2 Unkris Dr Suwandi (tengah) menyerahkan beasiswa kepada salah seorang mahasiswa peraih medali pada ajang Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 disaksikan Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga (kanan), Jumat (19/1/2024). (Foto: Unkris)
Wakil Rektor (Warek) 2 Unkris Dr Suwandi (tengah) menyerahkan beasiswa kepada salah seorang mahasiswa peraih medali pada ajang Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 disaksikan Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga (kanan), Jumat (19/1/2024). (Foto: Unkris)

NEWS -- Tiga mahasiswa Universitas Krisnadwipayana (Unkris) memperoleh beasiswa berupa potongan biaya kuliah sebesar 100 persen dari Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) untuk semester genap 2024/2025, setelah berhasil mengharumkan nama Unkris pada ajang Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023. Ketiga mahasiswa itu adalah Fadik Abdin Hafad (Fakultas Hukum), Febriana Caintami Sholeha (Fakultas Teknik), dan Ahmad Iqbal Anwar (Fakultas Teknik).

Penyerahan beasiswa secara simbolis dilakukan oleh Wakil Rektor (Warek) 2 Unkris Dr Suwanda disaksikan oleh Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga, pada Jumat (19/1/2024).

"Pemberian beasiswa bagi para peraih juara dalam ajang Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 merupakan bentuk apresiasi dari Unkris kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi non-akademik. Jadi kami memang memiliki komitmen untuk mendukung semua kegiatan mahasiswa pada jalur non-akademik, salah satu caranya adalah beasiswa,” kata Parbuntian, dalam keterangannya, Jumat (19/1/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Parbuntian, perjuangan menjadi juara dalam even yang bergengsi tersebut tidaklah mudah. "Para mahasiswa tersebut tentu telah berlatih dan berjuang keras untuk dapat tampil dengan performa terbaik," jelas dia.

Parbuntian bersyukur meski cukup lama vakum akibat pandemi Covid-19, nyatanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unkris Karate Club (UKC) berhasil menorehkan prestasi gemilang. “Prestasi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan passionnya melalui UKM Unkris,” jelas dia.

Parbuntian berharap perolehan prestasi UKM UKC tidak berhenti sampai di sini. Itu sebab selain intensitas latihan harus ditingkatkan, UKM UKC perlu terus melakukan kaderisasi.

Harapan serupa juga disampaikan Warek 3 Dr Suwanda. Ia berharap dengan penghargaan berupa beasiswa yang diserahkan Unkris atas dukungan yayasan tersebut, para mahasiswa dari UKM manapun terpacu untuk dapat berprestasi.

Beasiswa bagi ketiga mahasiswa tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unkris tertanggal 11 Januari 2024. Ketiganya mendapatkan potongan biaya kuliah sebesar 100 persen dari Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) untuk semester genap 2024/2025. Pemberian potongan biaya kuliah tersebut akan diberikan kembali pada semester berikutnya, jika mahasiswa yang bersangkutan berhasil meraih IPK minimal 3,50 dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun.

“Secara otomatis akan diperpanjang hingga semester VIII jika mahasiswa tersebut berhasil meraih prestasi akademik IPK minimal 3,50 pada setiap semesternya,” jelas Suwanda.

Sementara itu Fadik, peraih medali emas, mengatakan senang memperoleh beasiswa dari Unkris. Baginya, beasiswa tersebut dapat menjadi pemacu untuk terus mengukir prestasi akademik maupun non-akademik. “Prestasi akademik dan non-akademik bisa seiring sejalan. Kami senang karena dengan cara seperti ini bakat kami bisa terasah, pun kecerdasan secara intelektual juga kami terus digembleng,” ujarnya.

Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 yang memperebutkan Piala Mepora itu berlangsung di Gelanggang Olahraga Ciracas Jakarta Timur pada 9-10 Desember 2023. Pada event tersebut Unkris mengirimkan empat atlet karate, tiga di antaranya berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu.

Adapun ketiga mahasiswa Unkris yang meraih medali tersebut adalah Fadik Abdin Hafad (Kumite Perorangan 60 Kg Putra meraih medali emas), Febriana Caintami Sholehah (Kumite Perorangan 50 Kg Putri meraih medali perak), dan Ahmad Iqbal Anwar (Kumite Perorangan 67 Kg Putra meraih medali perunggu).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image