Gempa Guncang Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Galeri  
Puskesmas Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tampak rusak cukup parah akibat gempa yang terjadi di kawasan ini pada kedalaman 10km, Rabu (18/9/2024).

BANDUNG -- Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo mengguncang wilayah Kertasari, Kabupaten Bandung, pada Rabu pagi (18/9/2024). Pusat gempa terletak di daratan pada kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa dirasakan cukup kuat di beberapa wilayah sekitar Bandung. Akibat gempa ini ratusan rumah di Kabupaten Bandung dan Garut mengalami kerusakan.

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi gempa sempat panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Beberapa warga mengaku merasakan getaran selama beberapa detik, namun tidak ada tanda-tanda kerusakan parah di rumah mereka. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan pernyataan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami mengingat pusat gempa berada di daratan.

Pihak BPBD Jawa Barat menyatakan akibat gempa berkekuatan M 4,9 pada Rabu pagi pukul 09.41 WIB itu, sebanyak 52 warga mengalami luka ringan dan sedang. Sementara itu, 800 rumah dinyatakan rusak dengan berbagai tingkata. Belasan warga luka berat dan seorang meninggal dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung juga telah dikerahkan ke lokasi untuk memastikan situasi aman serta membantu warga yang membutuhkan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mengikuti informasi resmi dari pihak berwenang.

Warga dan aparat kepolisian mengangkut reruntuhan benteng yang menutup akses jalan warga di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Relawan membawa dus air minum melintasi kawasan pesantren yang rusak di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Sebuah rumah yang rusak cukup parah akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,9 di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Seorang warga melaporkan rincian kerusakan dan warga yang mengungsi di Kantor Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Bebatuan kirmir jalan menutupi sebagian badan jalan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,9 di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image