News

Pendaftaran Nanny Hadi Sebagai Calon Ketua Umum Kowani Dikawal 72 Organisasi Perempuan

Calon Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Nanny Hadi (kanan) berpose bersama Ketua KBPP Polri Enita Adyalaksmita. (Foto: Istimewa)

NEWS -- Sebanyak 72 organisasi perempuan melakukan pengawalan pendaftaran Nanny Hadi Tjahjanto menjadi calon Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada Senin, 14 Oktober 2024. Foto yang diterima oleh media, sebanyak 120 ibu-ibu menghadiri kegiatan Silaturrahim Nanny Hadi yang merupakan istri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Hadi Tjahjanto.

Silaturrahim dilaksanakan dalam rangka menggalang aspirasi dan dukungan atas pengusungan Nanny Hadi Tjahjanto sebagai calon Ketua Umum Kowani. Dalam daftar hadir, terdapat 42 organisasi perempuan yang menyatakan dukungan dan terdapat 30 organisasi yang tidak hadir karena berhalangan, namun juga menyatakan dukungannya melalui saluran WhatApps. Sehingga total terdapat 72 dukungan organisasi perempuan.

Ketua KBPP Polri Enita Adyalaksmita, yang juga menjabat Ketua Umum Himpunan Advokat-Pengacara Indonesia menyatakan, besarnya arus dukungan kepada Nanny Hadi sudah masuk dalam kategori mufakat di sebagian besar organisasi perempuan anggota Kowani.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Permufakatan dalam pemilihan Ketua Umum Kowani merupakan jalan untuk menjaga persatuan di semua rumpun organisasi. Permufakatan juga merupakan jalan untuk mencegah adanya upaya adu domba, fitnah, hoax, dan hate speech yang menyerang pribadi, keluarga, dan golongan yang dapat mengarah pada perpecahan," ujar Enita dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/10/2024).

Enita menjelaskan pihaknya mengusung Nanny Hadi sebagai calon Ketua Umum pengganti Giwo Rubianto Wiyogo karena dalam diri yang bersangkutan terdapat jiwa pemimpin yang visioner. Pengalaman Nanny Hadi memimpin Dharma Pertiwi mampu mengangkat derajat hidup perempuan di sektor sosial-ekonomi, memajukan UMKM perempuan, pemberdayaan perempuan pedesaan di sektor utama kehidupan seperti kesehatan ibu dan anak, pendidikan dan perlindungan kelompok rentan.

Enita berharap, di bawah kepemimpinan Nanny Hadi, Kowani ibarat busur panah akan melesat jauh ke depan dalam turut serta mencapai goals SDGs dan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sebanyak 72 organisasi perempuan melakukan pengawalan pendaftaran Nanny Hadi Tjahjanto menjadi calon Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada Senin, 14 Oktober 2024. (Foto: Istimewa)

Menurut Enita rencana mengusung Nanny Hadi sebagai Ketua Umum Kowani sudah sejak dua tahun silam. Pihaknya bersama organisasi anggota Kowani menaruh harapan besar terhadap kejayaan Indonesia melalui kepemimpinan perempuan di tingkat nasional. Kepemimpinan Kowani periode 2024-2029 merupakan fase penting bagi bangsa karena pada tahun 2030 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB( akan melakukan evaluasi 17 target SDGS.

"Kami yakin di bawah kepemimpinan Nanny Hadi, kita akan melakukan terobosan dan inovasi penting dalam mencapai SDGs. Kami menyadari di antara 17 target, sebanyak 12 goals memiliki keterkaitan erat kehidupan perempuan, anak, disabilitas, dan kelompok rentan lainnya. Maka dibutuhkan peran kepemimpinan perempuan di tingkat nasional dan global dalam mencapai goals SDGs tersebut," kata Enita menandaskan.