Tips Menjaga Keamanan Rekening dari Potensi Dibobol Maling

Tips  
Tips jaga keamanan rekening dari potensi dibobol maling/ilustrasi. (foto: pixabay)
Tips jaga keamanan rekening dari potensi dibobol maling/ilustrasi. (foto: pixabay)

Beberapa waktu lalu, pembobolan rekening terjadi di salah satu bank swasta nasional yang merugikan nasabah hingga ratusan juta rupiah. Nasabah tersebut sempat mengajukan keluhan karena bank dianggap lalai dalam melaksanakan prosedur pencairan dana sehingga ia merasa dirugikan dengan adanya kejadian tersebut.

Di sisi lain, bank menganggap sudah menjalankan prosedur pencairan dana sesuai tata kelola berlaku. Bahkan, bank menilai nasabah tidak menyimpan dokumen berharga seperti KTP, kartu ATM, dan buku tabungan dengan hati-hati.

Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI dalam laman Instagram resminya dikutip pada Sabtu, 28 Januari 2023 membagikan tips agar rekening tetap aman dan terhindar dari pembobolan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Dengan mengaktifkan fitur notifikasi ini, maka jika ada transaksi di rekening pengguna, baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar pada rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Pengguna dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan WiFi publik atau Free WiFi

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi publik atau free WiFi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi

Jangan pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung ke siapa pun, termasuk pihak bank, serta ubah password secara berkala.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain di mesin ATM dan jangan percaya dengan nomor telepon bank di mesin ATM yang kemungkinan tidak resmi untuk menghindari terjadinya skimming. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank. Selain itu, hati-hati terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui kata sandi atau melakukan kloning kartu ATM.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image