Lima Trik Dapatkan Jepretan Profesional Berbekal Kamera Ponsel

Tips  
Memotret objek dengan kamera ponsel/ilustrasi. (Foto: republika.id)
Memotret objek dengan kamera ponsel/ilustrasi. (Foto: republika.id)

Teknologi yang disematkan pada kamera ponsel akhir-akhir ini membuat kualitas foto yang dihasilkan tidak kalah dengan kamera profesional.

Untuk menghasilkan foto layaknya menggunakan kamera profesional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memotret dengan ponsel.

1. Perlakukan sebagai kamera

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meskipun bentuknya secara fisik adalah kamera yang disematkan pada ponsel, pengguna sebaiknya memperlakukannya sebagai kamera, bukan ponsel. Oleh karena itu, menguasai teknis kamera sebelum berfoto adalah penting. Misalnya, pastikan mengetahui lensa apa saja yang disediakan dan menggunakan lensa itu sesuai fungsinya.

2. Gunakan gridline sebagai panduan

Gridline atau garis horizontal dan vertikal yang ada di layar kamera berfungsi untuk memandu menempatkan objek yang difoto. Jika pernah merasa terganggu ketika melihat sebuah foto, bisa jadi karena penempatan garis vertikal atau horizontal tidak sesuai dengan kelaziman. Misalnya, memotret pohon, namun, miring. Hasil foto bisa saja tidak bagus karena pohon dalam kehidupan sehari-hari berbentuk vertikal. Agar objek sesuai dengan gridline, fotografer perlu menyesuaikan posisi pengambilan gambar, termasuk mengubah posisi ponsel.

3. Observasi sebelum memotret

Sebelum mulai memotret objek dengan kamera, observasi keadaan di sekitar supaya bisa menentukan sudut terbaik pengambilan foto. Misalnya, ketika objek dirasa terlalu jauh, fotografer bisa mendekat maju. Observasi juga penting untuk mengurangi hal-hal yang tidak perlu masuk ke dalam bingkai.

4. Gunakan mode pro atau potret

Untuk hasil terbaik, gunakan mode pro atau potret supaya hasil foto menjadi lebih tajam.

5. Mengefektifkan tampilan visual

Mengefektifkan tampilan visual berarti tidak menampilkan hal-hal yang tidak perlu ke dalam bingkai. Agar tampilan visual efektif, maka fotografer perlu melihat komposisi. Komposisi adalah hal penting dalam fotografi untuk membuat tampilan menjadi efektif dan enak dilihat. Tak semua hal harus masuk ke dalam bingkai agar tampilan visual efektif. Jika perlu, ambil dua foto berbeda untuk menonjolkan objek yang difoto.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image