Bisnis

Tingkatkan Standar, SMARTIES APAC 2023 Tampilkan Para Ahli Marketing pada Acara Anniversary Ke-12

Sebanyak 24 Gold, 30 Silver and 25 Bronze kategori disajikan, serta 12 pemenang industry awards dalam SMARTIES™ APAC Awards ke-12. (Foto: MMA Global APAC)
Sebanyak 24 Gold, 30 Silver and 25 Bronze kategori disajikan, serta 12 pemenang industry awards dalam SMARTIES™ APAC Awards ke-12. (Foto: MMA Global APAC)

BISNIS -- MMA Global APAC, dengan senang hati merayakan SMARTIES™ APAC Awards ke-12, penghargaan pemasaran pertama di dunia yang menghormati dan memberikan apresiasi kepada inovasi luar biasa yang menghasilkan dampak bisnis signifikan di Asia Pasifik di JW Marriott Hotel Singapore South Beach, Singapura. Pemenang SMARTIES™ 2023 akan ditampilkan dalam MMA Business Impact Index (BII) -- indeks yang diakui secara global yang mengidentifikasi, meranking, dan memberikan penghargaan kepada agensi, pengiklan, merek, dan penyedia solusi terbaik di industri.

"Kami menyaksikan keahlian pemasaran yang mencolok di seluruh wilayah. Selamat yang tulus untuk para pemenang SMARTIES™ APAC tahun ini! Kami menghargai dedikasi Anda terhadap pemahaman budaya dan dampak masyarakat yang menjanjikan masa depan yang lebih cerah untuk pemasaran di Asia Pasifik,” kata CEO MMA Global APAC dan Kepala Global SMARTIES™ Worldwide, Rohit Dadwal, seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/2/2024).

Pencarian untuk menetapkan standar keunggulan pemasaran di Asia Pasifik dipimpin oleh dewan juri bergengsi, terdiri dari 29 pemasar berprofil tinggi dari SMARTIES™ APAC 2023. Dipimpin oleh ikon industri seperti Richa Goswami, Group Chief Marketing Officer Fidelity International; Caroline Foo, Presiden Direktur Shiseido Cosmetics Indonesia; dan Tran Tue Tri, CEO Pharmacity Vietnam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Richa Goswami menyatakan kegembiraan dan kagum atas kualitas tinggi entri yang terlihat tahun ini.

"Selamat yang luar biasa kepada para pemenang visioner SMARTIES APAC 2023! Karya kelas dunia ini menunjukkan kekuatan besar pemasaran inovatif untuk menembus kekacauan," jelas Richa Goswami. "Kami dengan penuh semangat mendukung penghargaan ini saat kita merayakan bakat APAC yang memimpin inovasi dan kreativitas tanpa tanding di industri ini. Standar telah ditinggikan lagi berkat para mastermind pemasaran ini! Selalu ada kerja sama antara merek dan agensi yang bermimpi dan mewujudkan karya hebat, jadi sekali lagi selamat. Tetaplah bermimpi!"

Juri yang beragam dari pemimpin pemasaran regional secara ketat meninjau lebih dari 100 entri yang menantang batas dalam enam channel: Purpose Driven Marketing, Marketing Impact, Impact Media, Emerging Tech Marketing, E-commerce marketing, dan Creative. Penilaian dimulai dengan sebuah dewan penapisan yang terdiri dari lebih dari 100 pemimpin pemasaran yang dengan hati-hati mengevaluasi semua entri untuk dampak kreatif dan hasil bisnis guna menentukan finalis.

Pemenang tahun ini mendorong batasan dengan menunjukkan kreativitas yang luar biasa, menyempurnakan strategi global, dan menjalankan pendekatan lokal yang halus yang bersesuaian di pasar-pasar APAC yang beragam, sebuah prestasi luar biasa di tengah ketidakpastian ekonomi.

PMAX meraih penghargaan yang pantas sebagai Digital Agency of the Year, Bobble AI Media dinobatkan sebagai Enabling Technology Company of the Year dan Media. Monks membawa pulang penghargaan bergengsi Specialist Agency of the Year.

Grab, bersama dengan Leo Burnett Indonesia, meraih penghargaan puncak sebagai Publisher of the Year dan Creative Agency of the Year, masing-masing. Wavemaker Indonesia memastikan gelar Media Agency of the Year, sementara Mindshare dihormati sebagai Agency Network of the Year atas upayanya yang berdampak di tingkat regional. Selain itu, WPP, perusahaan Holding Agency of the Year diakui karena kepemimpinan industri secara keseluruhan.

Brand ikonik Oreo meraih gelar Brand of the Year untuk pemasaran APAC yang lincah yang bersesuaian secara lokal di tengah tantangan. Grab meraih penghargaan Most Resilient Brand untuk melayani konsumen regional dengan teguh meskipun dalam keadaan sulit. Mondelez International dinobatkan sebagai Advertiser of the Year untuk kampanye brilian dan disesuaikan di seluruh Asia Pasifik.

Terakhir, integrasi mulus kampanye "BLACKPINK In Your Oreo" dengan budaya K-Pop mendapatkan penghargaan Best in Show/Grand Prix yang bergengsi, menyoroti kekuatan kemitraan kreatif dalam lanskap pemasaran saat ini.

Presiden Direktur Shiseido Cosmetics Indonesia, Caroline Foo, menyatakan, melayani di dewan juri SMARTIES™ APAC yang terhormat adalah keistimewaan setiap tahun, tetapi 2023 terbukti menjadi pertunjukan inovasi pemasaran Asia Pasifik yang luar biasa. "Selamat yang tulus kepada para pemenang yang mengesankan ini! Bakat murni yang ditampilkan memberi saya keyakinan besar akan masa depan cerah industri kita."

MMA SMARTIES™ saat ini diselenggarakan di 17 pasar global dan 6 pasar di APAC, termasuk India, Cina, Vietnam, Indonesia, Filipina, dan Thailand, dengan program regional, APAC, berpusat di Singapura.