Diversifikasi di Berbagai Sektor, Banten Sukses Pacu Realisasi Investasi

Bisnis  
Salah satu sudut kawasan industri di Provinsi Banten. (Foto: dok. pemprov banten)
Salah satu sudut kawasan industri di Provinsi Banten. (Foto: dok. pemprov banten)

BISNIS -- Realisasi investasi di Banten meningkat signifikan sepanjang 2023 dibanding tahun sebelumnya. Provinsi paling barat di Pulau Jawa ini sukses menyerap investasi sebesar Rp 103,85 triliun menurut data yang dirilis Kementerian Investasi/BKPM RI.

Angka tersebut naik 29,46 persen secara tahunan dibandingkan realisasi pada 2022 yang mencapai sebesar Rp 80,22 triliun. Hasil ini melampaui target Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Pada 2023, Pemprov Banten menargetkan investasi yang masuk sebesar Rp 60 triliun, sedangkan pemerintah pusat memberikan target investasi sebesar Rp 82,97 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemperintah Provinsi (Pemprov) Banten, Virgojanti mengatakan, meningkatnya realisasi investasi menjadi indikator kondusifnya iklim investasi di Banten. Aspek-aspek pendukung investasi seperti infrastruktur, transportasi, layanan perizinan, dan tersedianya kawasan industri akan terus menjadi konsen evaluasi Pemprov Banten.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Virgojanti mengungkapkan, salah satu kunci kesuksesan realisasi investasi di Banten selama 2023 adalah diversifikasi investasi di berbagai sektor. Tidak hanya mengandalkan satu sektor, Banten menciptakan kesempatan investasi yang beragam, termasuk di sektor manufaktur, pariwisata, agribisnis, energi terbarukan, dan infrastruktur.

Manufaktur masih menjadi sektor andalan di kawasan ini. Banten berhasil menarik sejumlah investasi besar, seperti industri petrokimia, industri otomotif, tekstil, dan elektronik. Pabrik-pabrik baru dibangun dan kapasitas produksi yang ada diperluas. Hal ini berdampak terhadap terciptanya lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Sektor berikutnya yang mampu menarik minat para investor, yakni pariwisata melalui keindahan alam dan potensi ekonomi wisata yang dimiliki Banten. Beragama resor, hotel, dan infrastruktur pariwisata lainnya telah dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, menciptakan peluang bagi pengusaha lokal dan menambah pendapatan daerah.

Baca selanjutnya...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image