Danone Indonesia Jalin Kolaborasi dalam Pengembangan Infrastruktur Pendidikan Muhammadiyah

News  
Danone Indonesia menyalurkan donasi untuk mendukung pendidikan umat melalui Program Amal Usaha Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2026). (Foto: Danone Indonesia)
Danone Indonesia menyalurkan donasi untuk mendukung pendidikan umat melalui Program Amal Usaha Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2026). (Foto: Danone Indonesia)

NEWS -- Danone Indonesia kembali menyalurkan donasi untuk mendukung pendidikan umat melalui Program Amal Usaha Muhammadiyah. Donasi yang akan disalurkan ke sejumlah sekolah Muhammadiyah di wilayah Garut, Jawa Barat, tersebut secara simbolis diserahkan oleh Sustainable Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo dan diterima oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad Selasa (26/3/2024) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan, donasi tersebut adalah wujud dukungan Danone Indonesia terhadap pendidikan.

“Donasi ini merupakan upaya Danone Indonesia untuk mewujudkan komitmen kami dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Tentu, Muhammadiyah sebagai salah satu mitra strategis kami yang selama ini juga menjadi lembaga yang banyak berkiprah di dunia pendidikan. Karena itu dukungan untuk pendidikan ini kami percayakan kepada Muhammadiyah. Insya Allah ke depan kami akan terus meningkatkan kolaborasi antara Danone Indonesia dan Muhammadiyah,” kata Karyanto dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (30/3/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karyanto menambahkan, Danone Indonesia mempercayakan penyaluran donasi tersebut melalui Muhammadiyah untuk sejumlah SMK dan sekolah Muhammadiyah di Garut. Setelah pembangunan SMK ini selesai diharapkan banyak menampung siswa siswi dari Garut dan sekitarnya. "Semoga ke depan mereka bisa menjadi generasi yang lebih baik, generasi yang lebih maju, untuk Indonesia yang lebih maju,” kata dia berharap.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi terhadap peran aktif Danone Indonesia memajukan pendidikan di Indonesia.

“Alhamdulillah tadi Danone memberikan sumbangan kepada pembangunan SMK Muhammadiyah di Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, yang saat ini progresnya baru 10 persen. Kolaborasi dengan Danone Indonesia ini sangat berarti untuk pembangunan itu dan mudah-mudahan dibalas Allah dengan kebaikan yang banyak,” ujar Dadang Kahmad.

Dadang menyampaikan, Garut termasuk wilayah yang minim sekolah kejuruan seperti SMK, sementara kebutuhannya tinggi. Di Garut, lanjut dia, SMK termasuk jarang, maka pihaknya mencoba dengan cabang Muhammadiyah Kersamanah membangun beberapa sekolah di antaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sekarang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang prodinya atau jurusannya program komputer.

"Dan Alhamdulillah mendapatkan kemajuan, cuma belum punya bangunan. Sebelumnya, masih berdua dengan MI Muhammadiyah dan sekarang sudah merintis dan Alhamdulillah kita sudah membeli lahan satu hektare. Saat ini sudah groundbreaking dan pembangunan,” jelas Dadang.

Dadang menyebutkan, melalui kolaborasi dengan Danone Indonesia ini, pembangunan sekolah dapat selesai pada Agustus tahun 2034 ini.

“Kalau kita ingin berkembang, maka bangunlah pendidikan. Karena itu SMK ini nanti diharapkan menjadi madrasah/boarding school, di mana anak-anak dipondokkan di sana, dididik agama yang baik sehingga mereka mempunyai pengetahuan agama maupun pengetahuan umum yang sempurna,” ujar Dadang menjelaskan.

Penyerahan donasi melalui Muhammadyah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Danone Indonesia menyambut Ramadhan 1445 H. Tak hanya melalui donasi, Danone Indonesia juga mendukung Pengkajian Ramadan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah 1445 H yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), 18–20 Maret kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A, Ustadzah Oki Agustina, serta lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pimpinan wilayah, cabang serta kader organisasi Muhammadiyah.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image