Apindo Jabar Soroti Kualitas SDM Tenaga Kerja

Galeri  
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Executive Chairman B-Universe, Bpk. Enggartiasto Lukita berbicara pada acara diskusi di sela Halal Bihalal Asosiasi Pengusaga Indonesia (Apindo) di Bandung, Kamis (25/4/2024). 
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Executive Chairman B-Universe, Bpk. Enggartiasto Lukita berbicara pada acara diskusi di sela Halal Bihalal Asosiasi Pengusaga Indonesia (Apindo) di Bandung, Kamis (25/4/2024).

BANDUNG -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyerahkan Roadmap pembangunan Indonesia berisi rekomendasi kebijakan kepada pemerintah yang diserahan Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik di sela Halal Bihalal di Bandung, Kamis (24/4/2024).

Salah satu aspek yang disoroti dalam dalam acara ini adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jawa Barat. Peningkatan SDM ini diperoleh melalui pengelolaan anggaran pendidikan untuk bisa meningkatkan produktivitas dan daya saing. Salah satunya melalui dana abadi pendidikan sebesar Rp 139 triliun yang terakumulasi sejak 2010-2023.

Ketua Apindo Jawa Barat Ning Wahyu Astutik bertanya dalam acara diskusi di sela Halal Bihalal Apindo Jabar, Kamis (25/4/2024).
Ketua Apindo Jawa Barat Ning Wahyu Astutik bertanya dalam acara diskusi di sela Halal Bihalal Apindo Jabar, Kamis (25/4/2024).

Dana abadi tersebut, dikelola untuk menjawab tantangan masa depan dalam bentuk pendanaan riset dan pemberian beasiswa pendidikan LPDP yang hingga saat ini sudah membantu 45.496 masyarakat Indonesia mendapatkan gelar pendidikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ketua Apindo Jawa Barat Ning Wahyu Astutik, dana abadi tersebut seharusnya juga menjawab tantangan kebutuhan riil pengusaha saat ini. Ia mencontohkan, investor - investor saat ini membutuhkan ready to use tenaga kerja. Jadi, tidak hanya lulusan SMA atau SMK, tetapi lulusan SMA dan SMK plus keterampilan tertentu, bahkan termasuk soft skill.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjawab pertanyaan peserta pada acara diskusi di sela Halal Bihalal Asosiasi Pengusaga Indonesia (Apindo) di Bandung, Kamis (25/4/2024),
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjawab pertanyaan peserta pada acara diskusi di sela Halal Bihalal Asosiasi Pengusaga Indonesia (Apindo) di Bandung, Kamis (25/4/2024),

Wakil Menteri Keuangan dan Ketua APINDO Jabar sepakat bahwa dalam meningkatkan kualitas SDM maka anggaran pendidikan harus dikelola dan dimaksimalkan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing. Salah satunya melalui dana abadi pendidikan sebesar 139 Trilyun yang terakumulasi sejak 2010 - 2023.

Meskipun menjadi provinsi dengan realiasi investasi tertinggi 6 tahun berturut-turut, Jabarmenghadapi tantangan berupa jumlah pengangguran tertinggi yang mencapai 1,8 juta jiwa atau 24% dari nasional. Hal ini menjadi tantangan bersama yang harus diselesaikan melalui kolaborasi pentahelix antara pengusaha, pemerintah, serikat pekerja, akademisi, dan media.

Dalam acara tersebut juga digelar Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (RAKERKONPROV) ke-23 Apindo, Halal Bi Halal dan juga Investor Daily Roundtable (IDR) akhir pekan ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image