Danone Indonesia Raih Penghargaan Best Companies for Nature and Environmental Sustainability

Bisnis  
Danone Indonesia kembali meraih prestasi dengan berhasil membawa pulang penghargaan Best Companies for Nature and Environmental Sustainability di ajang CNN Indonesia Awards 2024. (Foto: CNN Indonesia Awards 2024)

BISNIS -- Danone Indonesia kembali meraih prestasi dengan berhasil membawa pulang penghargaan Best Companies for Nature and Environmental Sustainability di ajang CNN Indonesia Awards 2024. Penghargaan ini menjadi apresiasi atas usaha Danone Indonesia menjaga dan melindungi sumber daya air serta kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasional, khususnya di daerah Jawa Barat.

Ajang penghargaan CNN Indonesia Awards 2024 memberikan penghargaan kepada pemerintah kota dan kabupaten, BUMD, serta pihak swasta di Jawa Barat dengan mengusung tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju".

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengapresiasi kontribusi berbagai pihak untuk kemajuan Jawa Barat dan berharap penghargaan yang diberikan menjadi inspirasi untuk semangat inovasi dan kolaborasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ajang ini jadi apresiasi untuk mereka yang telah memberi kontribusi nyata untuk kemajuan Jawa Barat. Dibutuhkan inovasi dan kolaborasi yang menjadi kunci untuk membawa Jawa Barat dan Indonesia menuju masa depan yang lebih sejahtera dan kompetitif," ujar Bey Machmudin dalam pidatonya, seperti dikutip dalam siaran pers, Kamis (19/9/2024). "Kita membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Jawa Barat berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan dan program yang membawa perubahan positif, baik di bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, hingga lingkungan hidup.”

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menjelaskan, penghargaan yang diterima Danone Indonesia wujud nyata dari visi Danone Indonesia: One Planet, One Health. “Dalam menjalankan bisnis, kami berpegang teguh pada visi: One Planet, One Health. Kami percaya, bumi yang sehat akan menciptakan masyarakat yang sehat pula sehingga dalam rantai bisnis, pelestarian alam dan lingkungan menjadi prioritas kami," cetus dia.

Hal ini, lanjut Arif, ditunjukkan lewat sejumlah inisiatif dan program keberlanjutan yang difokuskan pada pengelolaan sumber sumber daya air, pengurangan karbon, dan pengelolaan sampah. "Selain itu, kami juga memiliki Danone Impact Journey sebagai kompas dan peta jalan kami dalam memberi dampak nyata bagi yang masyarakat yang berorientasi pada pelestarian lingkungan, pertumbuhan masyarakat, dan kesehatan”, jelas dia.

Danone Indonesia turut aktif dalam upaya pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Danone beroperasi termasuk di Jawa Barat. Danone Indonesia telah melakukan program konservasi di area hulu dengan menanam sebanyak 880.705 pohon, memasang 1.204 sumur resapan, juga menyediakan 4.203 unit rorak.

Selain itu, terdapat program pertanian regeneratif dengan total lahan 35.6 ha yang turut melibatkan dan memberdayakan petani di Jawa Barat. Danone Indonesia juga telah membangun 179 sarana air bersih untuk keluarga di Jawa Barat.

Danone Indonesia juga terus berupaya untuk menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan terus melakukan upaya efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan melalui instalasi pembangkit listrik tenaga surya atap (PLTS Atap) di beberapa Pabrik seperti Pabrik Ciherang, Mekarsari, Cianjur yang telah terbukti dapat mengurangi emisi sebessar 3.894 ton CO2 /tahun.

Komitmen Danone Indonesia dalam proses produksi yang ramah lingkungan serta menjaga kelestarian lingkungan juga telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah melalui penghargaan PROPER Hijau yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk 6 pabrik di Jawa Barat.

Menyadari bahwa isu sampah menjadi salah satu permasalahan serius di aspek lingkungan, Danone Indonesia menghadirkan gerakan #BijakBerplastik yang berfokus kepada kegiatan pengumpulan sampah, edukasi, serta inovasi produk. Di Jawa Barat, gerakan #BijakBerplastik telah berhasil mengumpulkan 718 ton sampah plastik per tahun, dengan mengembangkan 2 Recycle Business Unit (RBU) dan 43 bank sampah.

Selain itu, gerakan #BijakBerplastik juga telah berhasil mengedukasi 30.254 masyarakat setiap tahunnya, untuk memahami teknik pengelolaan sampah yang baik dan turut serta dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Danone Indonesia juga menjalankan bisnis model guna ulang dengan menghadirkan galon yang dapat digunakan kembali, serta menghadirkan inovasi botol 100 persen daur ulang.

CNN Indonesia Awards 2024 menjadi ajang yang diadakan untuk keenam kalinya. Di ajang ini, Danone Indonesia dinilai langsung oleh para dewan pakar, yang terdiri dari board of news director CNN Indonesia, deputy editor in chief CNN Indonesia.com, CNN Indonesia division head, dan CNN Indonesia bureau chief west java office.

Adapun Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone beroperasi di 130 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, Danone terdiri atas dua kategori bisnis yang berfokus pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan yaitu, Danone Waters yang memproduksi Air Minum dalam Kemasan & Minuman non Karbonasi dengan produknya seperti AQUA, Mizone, VIT, VIT Levite dan Danone Specialized Nutrition dengan produknya seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, Bebelac, Nutrilon Royal, dan nutrisi medis berupa Pangan olahan untuk Kondisi Medis Khusus (PKMK).

Grup Danone di Indonesia memiliki 24 pabrik dengan jumlah karyawan 13.000 orang, di mana 15 persennya adalah pekerja perempuan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image