Bisnis

ICSA dan Iluni UI Sukses Gelar The Corporate ESG Sustainability Insights 2024

Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui Career & Almamater Center telah sukses menyelenggarakan acara “The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024” pada 23 Oktober 2024 di Hotel Ashley Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Iluni UI)

BISNIS -- Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui Career & Almamater Center telah sukses menyelenggarakan acara “The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024” pada 23 Oktober 2024 di Hotel Ashley Tanah Abang, Jakarta Pusat. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan praktik bisnis berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran serta keterlibatan profesional muda Indonesia dalam keberlanjutan dan pekerjaan hijau.

Dengan dukungan dari dari PT Astra International Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Bank Mandiri Tbk, dan Wuling Prima Fatmawati serta Olahkarsa, “The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024” berhasil mengumpulkan berbagai pemikiran dari pemimpin industri, profesional, dan akademisi. Mereka membahas integrasi praktis dari Environmental, Social, and Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam konteks korporat, serta membuka peluang kerja hijau untuk milenial dan Gen Z.

"Kami bangga bisa memfasilitasi dialog penting ini dan memberikan wawasan tentang peluang karier yang berkelanjutan serta dampaknya terhadap pengembangan profesional dan pribadi," kata Ketua Umum ICSA, Katharine Grace, Rabu (23/10/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Katharine Grace, acara ini merupakan platform yang luar biasa bagi para pemimpin masa depan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjawab tantangan keberlanjutan global.

Ketua Career & Almamater Center Iluni UI, Kharisma Bintang Alghazy, menambahkan, melalui 'The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024', ia ingin menginspirasi dan mendorong para alumni serta profesional muda untuk berinovasi dan berkontribusi secara aktif dalam agenda keberlanjutan. "Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk tidak hanya tumbuh secara profesional tetapi juga menjadi bagian dari solusi bagi dunia yang lebih baik," jelasnya.

Acara ini menampilkan serangkaian sesi yang mendalam dengan 8 pembicara terkemuka Jarot Suroyo (Deputi Direktur Direktorat Keuangan Berkelanjutan Otoritas Jasa Keuangan), Katharine Grace (Ketua Umum ICSA sekaligus Corporate Secretary PT Bank Permata Tbk), Prof Ratna Wardhani (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), Citra Amelya (Senior Vice President Head of ESG PT Bank Mandiri Tbk (Persero), Aditya Bayunanda (Direktur Eksekutif WWF Indonesia), Unggul Ananta (Co-Founder & CEO Olahkarsa), Restu Andini (Direktur Eksekutif Yayasan Inovasi Muda), dan Adithiyasanti Sofia (Communication Manager Dietplastik Indonesia).

Para pembicara tersebut berbagi wawasan dan strategi tentang cara efektif untuk mengintegrasikan ESG dan SDGs ke dalam praktik bisnis serta mengembangkan sektor pekerjaan hijau yang inklusif dan inovatif.

Dengan kehadiran lebih dari 100 peserta yang terdiri dari eksekutif muda, profesional keberlanjutan, pembuat kebijakan, dan akademisi, "The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024" tidak hanya menjadi forum diskusi tetapi juga tempat untuk networking dan kolaborasi strategis.

"Kami berharap momentum dari 'The Corporate ESG & Sustainability Insights 2024' ini dapat terus berlanjut, mendorong lebih banyak inisiatif dan aksi konkret dalam keberlanjutan di Indonesia untuk kebermanfaatan generasi muda selanjutnya," kata Katharine Grace menandaskan.