Midea Gelar Konferensi Dealer Regional Pertama untuk Wilayah Asia-Pasifik, Tampilkan 5 Unggulan Solusi Peralatan Rumah Tangga

BALI -- Midea, perusahaan teknologi global terkemuka dan salah satu produsen peralatan rumah tangga terbesar di dunia, menyelenggarakan konferensi dealer regional pertamanya di kawasan Asia-Pasifik, sekaligus memperkenalkan lima solusi unggulannya di Bali, Selasa (30/9/2025). Konferensi ini menjadi wujud komitmen Midea dalam mendorong pertumbuhan pasar regional bersama para mitra lokal.
Midea berkomitmen untuk terus memimpin, berinovasi, dan unggul, menuju posisi No.1 Dunia di semua kategori peralatan rumah tangga. Dalam beberapa tahun terakhir, Midea telah meraih pengakuan dari Euromonitor International dengan menduduki peringkat pertama global di sembilan kategori industri peralatan rumah tangga.
Merek Midea dinobatkan sebagai World’s No.1 Smart Home Appliances Brand (Merek Peralatan Rumah Tangga Pintar No.1 Dunia) berdasarkan volume penjualan (OBM), serta World’s No.1 Air Conditioner Company, World’s No.1 Residential Inverter Air Conditioner Company, World’s No.1 R290 Air Conditioner Company, World’s No.1 Air Treatment Brand, World's No.1 Microwave Company, dan World’s No.1 Small Cooking Appliances Brand.
Dalam konferensi ini, Midea menampilkan lima solusi andalannya: SMART MASTER, AI ECOMASTER, SPACE MASTER, Residential Air Conditioner, dan Midea Building Technology Solutions. Dengan lebih dari 150 produk, Midea menegaskan visinya untuk membantu pengguna menciptakan pengalaman hidup yang ideal.
- SMART MASTER
Di area SMART MASTER, peserta dapat melihat bagaimana teknologi berbasis AI dari Midea membantu pengguna mengelola rumah mereka dengan kecerdasan dengan sensor pintar, memberikan kenyamanan maksimal. SMART MASTER merupakan kumpulan teknologi pintar yang tertanam di berbagai produk Midea, dirancang untuk memahami, menyesuaikan, dan merespons kebutuhan pengguna secara mudah dan presisi.
Contohnya, Kulkas Midea SMART MASTER MDRS791 dilengkapi sistem Smart Cooling dan berbagai sensor pintar untuk kontrol suhu yang presisi demi kesegaran makanan dan efisiensi energi yang lebih baik.
Air Purifier SMART MASTER menggunakan tiga sensor pintar dan mode AI untuk menyaring udara secara real-time dengan kelembaban optimal. Seluruh perangkat dapat terhubung dan dikelola melalui Midea SmartHome App—satu platform untuk seluruh ekosistem rumah pintar pengguna.
- AI ECOMASTER: Hemat Energi, Ramah Lingkungan
Seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap penghematan energi dan pelestarian lingkungan, Midea ECOMASTER hadir sebagai solusi andalan.
Dengan optimasi kinerja berbasis AI, produk-produk ECOMASTER dapat mengurangi konsumsi energi hingga 30 persen, serta menyediakan laporan penggunaan energi melalui aplikasi untuk perangkat yang mendukung.
- SPACE MASTER: Solusi Cerdas untuk Ruang Terbatas
Menjawab kebutuhan rumah modern akan efisiensi ruang, perangkat SPACE MASTER dari Midea menggabungkan rekayasa mekanis pintar dan estetika elegan untuk memberikan kapasitas dan performa tinggi dalam dimensi yang ringkas.
Contohnya, kulkas SPACE MASTER dirancang untuk memaksimalkan ruang dapur tanpa menambah ukuran eksternal. Produk lain seperti dishwasher dan heat pump washer-dryer juga hadir untuk menetapkan standar baru perangkat hemat ruang.
- Residential Air Conditioner: Perlindungan Maksimal untuk Iklim Tropis
Dalam iklim lembab Asia, perlindungan anti-korosi menjadi penting untuk ketahanan jangka panjang. Solusi AC Hunian Midea dilengkapi teknologi Prime Guard™ yang tahan karat, tabung tembaga TU1, pelapis Silver Shield, dan unit luar ruangan dengan teknologi HYPER GRAPFINS, PCB berlapis UV, serta fitur auto-dedusting untuk performa tahan lama dan kenyamanan pendinginan yang maksimal.
- Midea Building Technologies: Inovasi untuk Proyek Skala Besar
Sorotan dari Midea Building Technologies (MBT) mencakup:
● VC MAX VRF, mudah dipasang dengan teknologi HyperLink dan pelindung IP55
● Magboost Apex, chiller generasi kedua dengan efisiensi 30% lebih baik dan COP 10% lebih tinggi dibanding chiller konvensional
Dengan ketahanan IP67, komponen internal buatan sendiri, dan efisiensi biaya perawatan, solusi ini ideal untuk proyek retrofit.
Memimpin Teknologi: Dari Rumah Pintar hingga Industri Pintar
Midea terus mendorong pertumbuhan global melalui inovasi. Dalam lima tahun terakhir, perusahaan telah menginvestasikan USD 10 miliar dalam research and development (R&D), memiliki lebih dari 23.000 profesional R&D, mengantongi 100.000 paten, dan berkontribusi pada lebih dari 1.900 standar teknologi di sektor business to consumer (B2C) dan business to business (B2B).
Untuk B2C, Midea menawarkan ekosistem rumah pintar berbasis skenario yang memberikan kenyamanan dan kemudahan. Sementara di sektor B2B, Midea membantu transformasi industri melalui teknologi energi baru, otomasi industri, dan robotika.
Ke depan, Midea Group berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari CNY 50 miliar (USD 6,96 miliar) dalam AI, energi baru, robotika, dan teknologi embodied intelligence dalam tiga tahun ke depan. Salah satu langkahnya adalah peluncuran robot humanoid rumah tangga MIRA di World AI Conference 2025.
Strategi Pasar: Mendorong Pertumbuhan Asia-Pasifik lewat Produksi dan Layanan Lokal
Dalam konferensi tersebut, Presiden Midea APAC, Zeal Jiang, memaparkan strategi integrasi lokal Midea di kawasan Asia-Pasifik.
Midea memiliki 63 pabrik global, termasuk 9 di Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Pabrik di Thailand dinobatkan sebagai World Economic Forum Lighthouse Factory pertama di industri AC global, dan pabrik pertama di Asia Tenggara yang sepenuhnya terkoneksi 5G.
Luas pabrik ini mencapai 208.000 m² dengan investasi sekitar USD 168 juta, dan ditargetkan menghasilkan 6 juta unit per tahun pada 2026.
Didukung sistem AI untuk kontrol kualitas dan keselamatan kerja, pabrik ini meraih penghargaan “Best Mobile Technology Breakthrough in Asia” dari Asia Mobile Awards (AMO). Secara keseluruhan, pabrik ini mencatat penghematan energi hingga 40,2 persen per unit AC dan pengurangan emisi karbon hingga 68,3 persen.
Midea juga mengembangkan aplikasi Midea Club di seluruh Asia-Pasifik untuk mendukung teknisi dalam layanan seperti pengiriman, instalasi, pelatihan, dan garansi. Lebih dari 200 acara pelatihan dan layanan diselenggarakan setiap tahun, dengan target melibatkan 30.000 teknisi dalam 3 tahun ke depan.
Saat ini, Midea telah bekerja sama dengan lebih dari 1.800 mitra layanan DSC dan ASP, menegaskan komitmennya terhadap layanan purna jual yang cepat, andal, dan berkualitas.
Global Partnership: Peduli Komunitas, Terhubung dengan Dunia
Midea Group masuk dalam Sustainability Yearbook (Edisi China) 2025 atas kinerja ESG yang luar biasa, termasuk kontribusi di Asia-Pasifik dalam bentuk bantuan bencana, dukungan komunitas, dan pelestarian lingkungan—termasuk perlindungan laut.
Pada 28 September 2025, Midea bekerja sama dengan Yayasan Mangrove Indonesia Lestari untuk menanam lebih dari 1.000 terumbu karang di Nusa Dua dan Lipah, Bali Utara.
"Menanam terumbu karang bukan hanya tentang menyelamatkan laut, tetapi juga menjaga keanekaragaman hayati, mendukung perikanan, melindungi masyarakat, dan menjamin masa depan Bali yang berkelanjutan," kata Zeal Jiang.
Kemitraan Olahraga Tingkat Global
Midea memperkuat citra merek melalui kolaborasi olahraga kelas dunia. Pada 2 September 2025, Midea telah resmi mengumumkan, kolaborasi selanjutnya sebagai Main Partner Sleeve Sponsor FC Barcelona, melengkapi portofolio sponsor globalnya, bersama kemitraan jangka panjang dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Manchester City FC.
Tentang Midea dan Midea Group
Midea adalah salah satu dari lebih dari 10 merek di bawah unit bisnis Smart Home milik Midea Group. Didirikan pada tahun 1968, Midea Group adalah perusahaan teknologi global terkemuka dan salah satu produsen peralatan rumah tangga terbesar di dunia. Midea Group masuk dalam daftar Fortune Global 500®, menduduki peringkat #246 pada 2025.
Midea Group fokus pada enam pilar bisnis utama: Smart Home, Teknologi Industri, Teknologi Bangunan, Robotika & Otomasi, Kesehatan Midea, dan Logistik Annto.
Merek Midea mengusung solusi yang "surprisingly friendly", berpusat pada konsumen dan berorientasi pada pemecahan masalah. Dengan semangat inovasi tanpa henti, Midea berusaha memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang, membantu mereka “make yourself at home.”
Dengan 63 pusat produksi dan sekitar 190.000 karyawan di lebih dari 200 negara dan wilayah, Midea Group mencatatkan pendapatan tahunan sebesar USD 56,9 miliar pada 2024. Dukungan dari 38 pusat inovasi global dan komitmen kuat terhadap R&D menghasilkan lebih dari 90.000 paten resmi hingga saat ini.
(***)
