MMA Global Umumkan Daftar Pendek Kampanye SMARTIES Indonesia 2025 Awards

JAKARTA -- SMARTIES™ Indonesia 2025 Awards kembali hadir sebagai ajang paling bergengsi untuk mengapresiasi keunggulan di dunia pemasaran dan periklanan. Menjadi bagian dari rangkaian SMARTIES™ Global X Programs yang meliputi empat program regional dan 15 program negara, penghargaan ini menjadi tolok ukur global bagi inovasi sekaligus dampak bisnis nyata.
Dalam ekosistem global, SMARTIES™ berdiri sejajar dengan WARC Media 100 yang mengukur efektivitas kampanye, RECMA Ratings yang menilai performa agensi, hingga Business Impact Index yang memberi peringkat kampanye berdasarkan hasil bisnis. Berpusat di New York, Amrerika Serikat (AS), ajang ini menghadirkan kredibilitas internasional sekaligus relevansi lokal.
Bagi peserta, berkompetisi di SMARTIES™ memberi keuntungan strategis: pengakuan industri, membangun reputasi inovatif, memperluas jaringan, hingga mendorong pertumbuhan ekosistem pemasaran di Indonesia.
Tahun 2025 ini, lebih dari 800 entri dari 7 channel dan 25 kategori masuk ke meja juri. Setelah melalui seleksi ketat, 171 kampanye berhasil masuk shortlist. Mereka adalah karya yang melampaui batas, menggabungkan teknologi, budaya, dan kreativitas, dengan AI dan inovasi menjadi benang merah tahun ini. Kampanye yang terpilih tidak hanya menguasai dasar pemasaran, tetapi juga berani keluar dari pola lama dengan pendekatan yang relevan, otentik, dan berdampak nyata.
Tahap Pre-Screening dilakukan secara online selama dua minggu oleh panel berisi 80 lebih pemimpin industri dari brand, agensi, platform teknologi, hingga media. Setiap kampanye dinilai oleh 8–10 juri menggunakan empat dimensi utama: Strategy, Execution, Creativity, dan Business Impact. Prosesnya didukung sistem global berbasis AS yang menjamin konsistensi, transparansi, dan bebas konflik kepentingan.
Setelah itu, penjurian berlanjut ke tahap Main Jury yang terdiri dari jajaran top-level eksekutif: President Director, C-Level, Marketing Director, hingga Founder dan Business Owner. Mereka menilai lebih dari 80 kampanye per orang selama dua minggu penuh, menggunakan kriteria yang sama untuk menghasilkan penilaian mendalam dari berbagai perspektif.
Finalisasi pemenang berlangsung dalam dua hari pertemuan intensif: 24 September di Raffles Hotel Jakarta dan 25 September 2025 di Hotel Mulia Senayan Jakarta. Dipimpin oleh Caroline Foo (President Director Shiseido Indonesia) dan Gunnar Beckers (Director Marketing HM Sampoerna), setiap sesi berlangsung 6–8 jam dengan diskusi, voting, serta mediasi agar keputusan tetap adil dan kredibel.
Integritas penjurian juga dijaga oleh Jury Observers dari Accenture: Budiono (Managing Director AI Lead) dan Iman Sukarno (Data-led Marketing Strategy & Transformation Practice Lead). Kehadiran keduanya memastikan seluruh proses berjalan profesional, transparan, dan tanpa bias.
Dengan kombinasi ketelitian Pre-Screening, kepemimpinan Jury Presidents, pengawasan Observers, hingga penilaian Main Jury, SMARTIES™ Indonesia Awards menghadirkan proses seleksi yang ketat, transparan, sekaligus berimbang, demi menegaskan posisi ajang ini sebagai standar emas bagi inovasi dan dampak nyata di dunia pemasaran.
“SMARTIES™ Indonesia 2025 Awards merayakan kekuatan kreativitas, inovasi, dan kolaborasi di industri pemasaran Indonesia. Platform ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus mendorong pertumbuhan industri yang dinamis. Kami berterima kasih pada para juri yang telah memberikan dedikasi dan keahlian mereka untuk mengangkat standar pemasaran di Indonesia,” ujar Country Head & Board of Director MMA Global Indonesia, Shanti Tolani, dalam siaran pers, Rabu (1/10/2025)
CEO MMA Global APAC, Global Head SMARTIES™ WW & BOD Asia Pacific, Rohit Dadwal, menambahkan, kreativitas dan pemikiran strategis dari Indonesia terus memberi inspirasi.
"Tahun ini kami melihat karya-karya luar biasa yang memperkuat posisi SMARTIES™ sebagai acuan global untuk keunggulan pemasaran,” jelas Rohit.
Pemenang SMARTIES™ Indonesia 2025 Awards akan diumumkan dalam Gala Dinner Celebration pada Kamis, 6 November 2025 di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. Lebih dari sekadar malam penghargaan, gala ini akan menjadi ajang inspirasi, hiburan energik, serta perayaan pencapaian kampanye terbaik Indonesia. (***)
