Mencegah Sandwich Generation agar tak Jadi 'Dosa' Turunan

Tips  

- Efek Domino dari Generasi Sebelumnya

Generasi sandwich biasanya merupakan penerus dari generasi sebelumnya yang juga merupakan generasi sandwich. Karena tanggungan yang banyak, akan sulit untuk dapat menabung dan butuh usaha lebih untuk dapat keluar dari jeratan generasi sandwich. Hal ini pun akhirnya berulang pada generasi setelahnya.

Untuk itu, penting untuk kita memiliki literasi keuangan yang memadai agar terlepas dari efek domino generasi sandwich.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

3. Solusi Generasi Sandwich

Untuk memutus rantai generasi sandwich, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan.

Perlu dipahami bahwa hal-hal berikut tidak hanya dapat dilakukan oleh yang sudah mengalami menjadi generasi sandwich, namun juga yang belum merasakan. Upaya-upaya berikut dapat juga dilakukan agar kita dan generasi setelahnya tidak perlu merasakan menjadi generasi sandwich.

- Bijak Mengelola Keuangan

Upaya pertama yang dapat menjadi solusi keluarnya dari lingkaran generasi sandwich adalah dengan belajar bijak dalam mengelola keuangan.

Tak terjebak pada gaya hidup konsumtif adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh generasi sandwich. Mengkalkulasi dengan cermat pengeluaran dan pemasukan serta membedakan kebutuhan dan keinginan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.

- Penghasilan Lebih dari Satu Sumber

Sebagai generasi sandwich, tentunya pengeluaran yang dikeluarkan tiap bulannya lumayan besar. Solusi berikutnya adalah dengan menambah sumber penghasilan.

Memiliki lebih dari satu sumber penghasilan sangat membantu bagi generasi sandwich. Mulai mencari pekerjaan sampingan, membangun bisnis atau berinvestasi merupakan alternatif untuk menambah penghasilan.

- Memiliki Proteksi Kesehatan

Semakin usia bertambah, maka kemungkinan menurunnya kesehatan pun akan meningkat. Untuk mengantisipasi hal ini, penting untuk memiliki asuransi kesehatan. Meskipun sekarang sudah ada program BPJS, memiliki proteksi cadangan dari asuransi kesehatan swasta untuk diri sendiri, orang tua, maupun anak perlu menjadi pertimbangan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita akan mendapatkan jaminan kesehatan berupa rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, dan lainnya dengan lebih memadai.

- Mempersiapkan Rumah untuk Hari Tua

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk kita dan juga keluarga. Agar di masa tua sudah memiliki kepastian kepemilikan rumah tinggal, kita dapat mempersiapkannya sedari dini.

- Mempersiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan dana pensiun merupakan upaya nyata agar nantinya generasi setelahnya tidak perlu menjadi generasi sandwich. Dengan mempersiapkan dana pensiun, kita telah mempersiapkan dana untuk memenuhi kehidupan setelah masa produktif dan tidak bergantung hidup dengan anak.

Pada dasarnya, dana pensiun sifatnya sama dengan menabung. Mempersiapkan dana pensiun dilakukan dengan membayar sejumlah uang secara rutin dan hanya dapat diambil ketika memasuki usia pensiun.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image