November 2023 Ini, Facebook dan Instagram Bakal Tawarkan Paket Bebas Iklan

Medsos  
Facebook, WhatsApp, Instagram/ilustrasi. (Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC)
Facebook, WhatsApp, Instagram/ilustrasi. (Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC)

Perusahaan penyedia solusi jejaring sosial, periklanan, dan wawasan bisnis, Meta, mengabarkan akan mulai menawarkan opsi berlangganan bebas iklan kepada pengguna Facebook dan Instagram di Eropa pada November 2023. Pengguna yang berada di Uni Eropa (UE), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), dan Swiss akan dapat memakai kedua platform tersebut tanpa iklan dengan biaya bulanan sebesar 10,61 dolar AS atau sekitar Rp 168 ribu.

Dikutip dari Engadget, Selasa, 31 Oktober 2023, Jika pengguna berlangganan melalui aplikasi iOS dan Android, maka akan terkena bayaran 13,79 dolar AS atau sekitar Rp 218 ribu. Perbedaannya adalah memperhitungkan potongan pembayaran dalam aplikasi yang dilakukan Apple dan Google.

Meta menyatakan bahwa data pelanggan tidak akan digunakan untuk tujuan periklanan. Untuk saat ini, langganan akan mencakup semua akun tertaut di pusat akun pengguna.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mulai 1 Maret 2024, pengguna harus membayar tambahan 6 euro atau Rp 100 ribu di web dan 8 euro atau Rp 134 ribu per bulan di iOS dan Android untuk setiap akun tertaut yang diinginkan untuk mendapatkan pengalaman bebas iklan. Pengguna masih memiliki pilihan untuk memakai Facebook dan Instagram secara gratis tetapi dengan iklan di feednya.

Meta menyatakan akan terus menawarkan akses gratis kepada masyarakat terhadap produk dan layanan yang dipersonalisasi, berapa pun pendapatannya. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini mengklaim mulai menawarkan paket bebas iklan untuk mematuhi peraturan Eropa yang terus berkembang, seperti Undang-Undang Pasar Digital dan interpretasi yang lebih ketat terhadap Peraturan Perlindungan Data Umum.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image