Anime The Boy and The Heron Vs Astro Boy, Persaingan Hayao Miyazaki Vs Osamu Tezuka

Serba Serbi  

Meski Miyazaki dipengaruhi oleh Tezuka, ia mampu mengembangkan gayanya sendiri. Implikasinya, anime dan manga mereka menggunakan gaya yang berbeda. Tezuka menggunakan mata yang besar, perspektif kamera yang beragam, dan gaya sinematik yang melibatkan perpaduan urutan, pembingkaian, dan penjajaran dalam manga dan anime-nya. Sebaliknya, Miyazaki menggunakan gerakan mirip manusia, warna air, serta animasi tradisional.

Beberapa tema yang dikarakterisasi dalam karya mereka serupa. Misalnya, manga karya Miyazaki menggambarkan paham lingkungan hidup, sedangkan manga karya Tezuka mempromosikan pelestarian alam. Kedua tema tersebut serupa karena fokusnya pada peningkatan kesadaran lingkungan.

Baik Miyazaki dan Tezuka berdedikasi pada pekerjaan mereka, dan mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja, memberikan sedikit waktu untuk keluarga mereka. Kedua seniman tersebut dipengaruhi oleh penulis barat melalui membaca dan menonton film mereka. Sepanjang karier mereka, baik Miyazaki dan Tezuka telah menghasilkan beragam anime dan manga sebagaimana dibuktikan pada bagian evolusi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Miyazaki adalah seniman humanis, pencipta beberapa film paling menyentuh, lembut, dan penuh harapan dalam kanon animasi. Dia juga seorang idealis yang blak-blakan tanpa batasan yang jelas dalam mengungkapkan pendapatnya, dan dalam serial harian Ghibli Week , banyak orang menyoroti beberapa hal yang terkenal diremehkan oleh sutradara penyendiri tersebut.

Perseteruan antara Osamu Tezuka dan Hayao Miyazaki pada tahun 1960-an terutama dipicu oleh perbedaan pendapat dan gaya artistik mereka. Tezuka, sebagai "bapak manga" dan "bapak anime", memiliki pandangan yang lebih komersial terhadap karya seni, sementara Miyazaki cenderung lebih idealis dan menekankan nilai-nilai artistik dan naratif yang lebih dalam. Konflik tersebut juga terkait dengan perbedaan dalam pandangan politik dan sosial mereka.

Baca selanjutnya...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image