Di Lokasi Baru ICE BSD City, Cosmobeaute Indonesia 2025 Hadir dengan Inovasi dan Transformasi Kecantikan Terbesar

BSD TANGERANG -- Pameran tahunan Cosmobeauté Indonesia siap memperkuat reputasinya sebagai ajang industri kecantikan terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia. Memasuki edisi ke-18, Cosmobeauté Indonesia menghadirkan beragam inovasi dan transformasi dengan cakupan sektor yang semakin luas serta peluang bisnis yang lebih menjanjikan.
Tahun 2025 ini, untuk kali pertama Cosmobeauté Indonesia diselenggarakan di lokasi baru, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, pada 9–11 Oktober 2025. Melalui perluasan segmen pameran yang lebih beragam, ajang ini membuka akses lebih luas bagi pelaku industri untuk mempertegas posisinya sebagai pusat sinergi bisnis industri kecantikan di tingkat nasional maupun internasional.
“Cosmobeauté Indonesia 2025 lebih dari sekadar pameran bisnis industri kecantikan. Kami hadir sebagai platform visioner yang mempertemukan produk-produk terdepan, gagasan transformatif, dan praktik bisnis berkelanjutan. Ajang ini akan menjadi penggerak inovasi dan kemajuan industri kecantikan di Indonesia dan pasar global,” ujar Portfolio Director Cosmobeauté Indonesia, Juanita Soerakoesoemah, pada acara Press Conference Cosmobeauté Indonesia 2025 di ICE BSD City, Selasa (16/9/2025).
Juanita menambahkan, melalui kolaborasi, Cosmobeauté Indonesia berkomitmen untuk memberdayakan pelaku industri agar tidak sekadar beradaptasi dengan perubahan, tetapi juga berperan aktif dalam membentuk masa depan kecantikan melalui kreativitas, inklusivitas, dan keberlanjutan.
Mengusung konsep ”Inclusive Beauty, Sustainable Future”, Cosmobeauté Indonesia 2025 menghadirkan berbagai inisiatif strategis, antara lain Sustainability Awards sebagai bentuk apresiasi bagi exhibitor dengan inovasi ramah lingkungan, Wellness & Sustain Hub untuk mempromosikan gaya hidup berkelanjutan, serta Cosmo Inclusive Class yang menekankan pentingnya inklusivitas dan keterlibatan komunitas.
Melalui program-program ini, Cosmobeauté Indonesia menegaskan bahwa pertumbuhan industri harus berjalan selaras dengan tanggung jawab terhadap manusia, komunitas, dan lingkungan.
Melalui pendekatan ini, Cosmobeauté Indonesia tidak hanya mendorong bisnis semata, melainkan sebagai katalis perubahan menuju industri kecantikan yang lebih inklusif, berdaya saing, dan berorientasi pada dampak jangka panjang bagi masyarakat maupun lingkungan.
“Kami percaya masa depan industri kecantikan Indonesia akan ditandai oleh inovasi, keberlanjutan, dan kolaborasi lintas sektor. Cosmobeauté Indonesia 2025 menjadi ruang di mana pelaku industri dapat menemukan peluang baru sekaligus membangun ekosistem yang lebih inklusif dan bertanggung jawab,” jelas Juanita.
Dengan nilai pasar mencapai US$ 9,17 miliar pada 2024 dan proyeksi pertumbuhan stabil sebesar 4,39 persen per tahun, industri kecantikan Indonesia berada pada fase transformasi signifikan. Momentum ini tidak hanya membuka peluang bagi merek lokal untuk memperkuat daya saing di pasar domestik maupun internasional, tetapi juga menandai pergeseran perilaku konsumen dengan industri bergerak menuju hubungan yang lebih personal dan bermakna antara brand dan konsumen.
“Industri kecantikan Indonesia tengah berevolusi, ditandai dengan pengaruh Gen Z, digitalisasi, dan tren produk premium yang mendorong konsumen lebih terinformasi, ekspresif, serta menuntut nilai lebih. Pertumbuhan kini bukan lagi soal menjangkau lebih banyak orang, melainkan menghadirkan nilai yang lebih besar bagi setiap individu. Melalui Indonesia Beauty Kaleidoscope 2025, kami ingin memimpin perubahan ini dengan membuka wawasan baru dan mendorong strategi pertumbuhan yang berkelanjutan,” jelas Indonesia Beauty Lead, Worldpanel by Numerator, Prita Anindya Laksmita.
Sebagai pusat sinergi bisnis dan ajang kolaborasi strategis, Cosmobeauté Indonesia 2025 dapat mempertemukan pelaku industri dan profesional terkemuka dari berbagai sektor. Pameran ini memberikan pengalaman transformatif dengan kreativitas, inovasi, dan keberlanjutan bersatu untuk menjawab dinamika industri kecantikan yang tengah berevolusi.
Cosmobeauté Indonesia 2025 berpotensi menciptakan momentum penting bagi brand kecantikan untuk memperkuat posisi pasar sekaligus memperluas jangkauan hingga kancah internasional.
Sebagai peserta Cosmobeauté Indonesia 2025, Vice President Director of Immortal Group, Yoga I Kajsmir, menegaskan komitmen perusahaan untuk mendorong brand kecantikan lokal agar semakin kompetitif dan siap bersaing di pasar global. Menurutnya, industri maklon kecantikan lokal memiliki peluang besar menembus pasar internasional.
“Kunci keberhasilan terletak pada peningkatan kualitas dan kepatuhan terhadap regulasi, penguatan inovasi produk berbasis bahan alami dan tren global, serta pembangunan branding dan kemasan yang kompetitif. Dengan dukungan teknologi, kolaborasi ekosistem, dan strategi ekspor yang terarah, maklon lokal berpotensi bertransformasi dari pemain domestik menjadi mitra strategis berskala internasional," jelas Yoga. "Cosmobeauté Indonesia hadir sebagai katalis penting yang membuka peluang kemitraan baru, memperluas akses ke pasar global, sekaligus memperkuat daya saing industri maklon nasional di kancah internasional.”
Selama 18 tahun, Cosmobeauté Indonesia telah konsisten mempertemukan profesional industri, pembeli, dan mitra bisnis dari berbagai negara. Tahun ini, lebih dari 500 perusahaan peserta pameran dari 16 negara/wilayah akan hadir menampilkan 1.300 top brand, mencakup seluruh sektor industri kecantikan: mulai dari estetika, kecantikan, kosmetik, rambut, kuku, spa, wellness, dan supply chain. Di edisi-18, Cosmobeauté Indonesia berkembang dengan menghadirkan segmen baru, termasuk Beauty Tech, Dental Care dan Mother & Baby.
Pameran ini telah menjadi barometer pertumbuhan industri kecantikan Indonesia, mencerminkan dinamika pasar yang terus berkembang. Dukungan berbagai asosiasi industri, termasuk Asosiasi Kosmetik Kontrak Manufaktur Indonesia (AKKMI), semakin memperkuat posisi pameran ini sebagai platform strategis bagi pelaku industri.
Ketua Dewan Pembina AKKMI, Halim Nababan, menambahkan, industri kecantikan Indonesia tengah berada di puncak kebangkitan dinamis yang ditandai inovasi terobosan dan kolaborasi lintas sektor. Transformasi ini, lanjut dia, bukan hanya mendefinisikan ulang standar kecantikan nasional, tetapi juga menempatkan Indonesia sebagai kekuatan baru di panggung global.
"Dalam momentum ini, Cosmobeauté Indonesia berperan sebagai katalisator strategis yang memacu inovasi, memperluas kolaborasi, serta menjadi pintu gerbang bagi brand lokal untuk menembus pasar internasional sekaligus membangun fondasi sinergi industri yang berkelanjutan,” ujar Halim Nababan.
Cosmobeauté Indonesia 2025 memperluas peluang bisnis dalam rantai pasok industri kecantikan Indonesia yang terus bertumbuh, mendorong ekspansi dan membuka pasar baru bagi brand produk kecantikan yang diprakarsai selebriti/figur publik, sekaligus menjawab peningkatan permintaan produk perawatan pria yang mencerminkan evolusi berkelanjutan industri kecantikan nasional.
Selain menghadirkan pameran bisnis berskala internasional, Cosmobeauté Indonesia 2025 juga memperkaya pengalaman pengunjung melalui program unggulan seperti:
- Beauté LIVE – panggung untuk tren dan inovasi terbaru disertai dengan beauty show,
- Beautéducation – kelas edukasi untuk para profesional industri,
- Beauté Spot – showcase produk dan brand terdepan,
- Beauté Speak - seminar dan talkshow inspiratif yang menghadirkan pakar serta pemimpin industri,
- Supply Chain Academy – forum khusus membahas rantai pasok industri kecantikan,
- Beauté Meeting Program – platform business matchmaking yang mempertemukan peserta dengan buyer potensial secara terarah.
Melalui rangkaian program unggulan ini, para profesional industri berkesempatan menggali tren kecantikan terbaru, memahami preferensi konsumen regional, serta memperoleh wawasan mendalam yang diperkaya oleh perspektif para ahli.
“Dengan akses pada pengetahuan komprehensif dan strategi praktis, pengunjung pameran dapat mempertajam daya saing sekaligus menavigasi dinamika pasar yang terus berkembang, membuka jalan menuju peluang bisnis baru dan kesuksesan berkelanjutan di industri kecantikan,” tutup Juanita.
Cosmobeauté Indonesia 2025 mendorong pelaku industri memperkuat daya saing dan membawa kecantikan Indonesia ke panggung global untuk mendukung pertumbuhan, keberlanjutan, dan peningkatan daya saing industri kecantikan itu sendiri.
Dapatkan akses masuk penuh selama tiga hari pameran dengan beragam fasilitas eksklusif secara gratis, dengan melakukan registrasi melalui: bit.ly/CBI2025_VisitorRegistration. Informasi lebih lanjut, dapat diakses pada website www.cosmobeauteasia.com/indonesia/. (*)
