Unkris Lakukan Kerja Sama Internasional dengan Universidad de Colima Meksiko

News  
Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Ayub Muktiono (depan, tengah) saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universidad de Colima, Mexico, secara daring pada Senin (22/4/2024).(Foto: Unkris)
Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Ayub Muktiono (depan, tengah) saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universidad de Colima, Mexico, secara daring pada Senin (22/4/2024).(Foto: Unkris)

NEWS -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universidad de Colima, Mexico secara daring pada Senin (22/4/2024). Acara penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SiP, CIQaR dengan Rektor Universidad de Colima Dr. Christian Jorge Torres Ortiz Zermeno.

Ikut hadir dan menyaksikan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST., MT, Duta Besar Indonesia untuk Meksiko Cheppy Triprakoso Wartono, SE., M.Si, dan Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Alonso Martin Gomez-Favila.

Selain itu dari Unkris juga hadir Wakil Rektor I Dr Ismail Razak MS, Wakil Rektor 2 Dr H Nuridin MM, Wakil Rektor 3 Dr Parbuntian Sinaga SH MH. dan para dekan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam MoU tersebut, Unkris dan Universidad De Colima sepakat untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unkris Dr Ayub Muktiono mengatakan, penandatanganan MoU antara Unkris dengan Universidad de Colima tidak terlepas dari bantuan Duta Besar Indonesia untuk Meksiko yang telah berperan banyak untuk membantu terjalinnya dua universitas dalam kolaborasi.

“Karena itu, kami sangat berterima kasih sekaligus bangga, berterima kasih karena Bapak Dubes telah mempertemukan Universidad de Colima dengan Universitas Krinsadwipayana, dua kampus yang lokasinya antarbenua sampai-sampai selisih waktunya 13 jam. Sekaligus bangga, karena Bapak Dubes adalah alumni kami,” ujar Rektor Unkris Dr Ayub seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Senin (29/4/2024).

Menurut Rektor Unkris ini, kolaborasi antara Unkris dengan Universidad de Colima merupakan peristiwa yang sangat penting, mengingat dua universitas tersebut memiliki jarak yang sangat jauh, tidak hanya antarnegara tetapi juga antarbenua. Namun pada era globalisasi dan teknologi informasi seperti sekarang ini, kolaborasi antardua universitas yang dipisahkan oleh jarak yang amat jauh, sangat dimungkinkan.

Dr Ayub juga menyebut bahwa pada era globaliasi ini, setiap kampus juga dituntut untuk internasionalisasi peran dan fungsi perguruan tinggi. Bentuk tindakannya adalah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Lebih lanjut Rektor Unkris mengatakan, Meksiko adalah negara yang menarik, selain terkenal dengan klub sepak bolanya, Meksiko dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dari aspek ekonomi, sosial dan politik. “Kita sama-sama negara yang berkembang, negara yang multikultur. Kita juga sama-sama dianggap sebagai negara middle power yang menjembatani negara berkembang dengan negara maju melalui kerja sama multilateral MIKTA,” jelasnya.

Untuk merespons itu, melalui nota kesepahaman ini, Unkris sebagai salah satu wakil perguruan tinggi Indonesia dan Universidad De Colima sebagai perguruan tinggi dari Meksiko, akan banyak kesempatan melakukan kerja sama. Adapun lingkup kerjasama tersebut di antaranya adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan bidang-bidang lain yang disepakati.

“Ada banyak isu yang bisa kita kaji bersama dalam penelitian dan publikasi, dan yang bisa kita diskusikan dalam agenda kuliah umum, seminar, atau konferensi internasional, dan agenda-agenda lainnya,” jelas Dr Ayub.

Dr Ayub berharap nota kesepahaman ini bisa segera ditindaklajuti dengan agenda-agenda kolaborasi, khususnya oleh Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan kemudian bisa disusul oleh Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FIA Unkris Dr Ade Reza Hariyadi S.IP, MS mengatakan, siap untuk menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani dengan beberapa bentuk kerjasama. “Kita akan segera petakan bentuk-bentuk kerja sama yang dimungkinkan antara Unkris dengan Universidad de Colima terutama yang berkaitan dengan ilmu administrasi," kata dia menegaskan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image