Gerakkan Program-Program Kerakyatan, GNTI Gelar Pameran Produk UMKM di Rakernas V PDIP

News  

Bakti Nelayan Tani

Terkait program kerja GNTI, Sekretaris Jenderal (Sekjen) GNTI, Ama Banapon MS, mengatakan bahwa pendekatannya harus ekonomi. Persoalan terbesar Indonesia di ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang belum terselesaikan ada pada dua sektor, yaitu kelautan dan pertanian. Mengutip Bung Hatta tentang ekonomi kerakyatan, maka harus didorong ke arah pendekatan koperasi.

 Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Dr Hasto Kristyanto (tengah) saat mengunjungi pameran produk UMKM binaan Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) yang digelar pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (24/5/2024) di Jakarta. (Foto: GNTI)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Dr Hasto Kristyanto (tengah) saat mengunjungi pameran produk UMKM binaan Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) yang digelar pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (24/5/2024) di Jakarta. (Foto: GNTI)

Masyarakat nelayan dan petani bisa dikatakan sebagai prime mover ekonomi. Menurut Banapon, ketika terjadi krisis moneter, justru merekalah yang banyak membantu. "Kita jangan melihat pasar uang, tapi lihatlah pasar tradisional, jika masih bergerak, maka kondisi masih aman," jelas dia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banapon mendorong pemikiran perlunya mewujudkan bank nelayan tani yang perlu dipertimbangkan serius. Jika belum memungkinkan, bisa didorong ke BPR. Jika belum memungkinkan juga, bisa dimulai dengan Baitul Mal.

GNTI juga mencanangkan program bakti nelayan tani, yaitu semua program diarahkan kepada pemberdayaan nelayan dan petani. Untuk mewujudkan rencana tersebut, pada akhir tahun 2024 ini GNTI merencanakan event international conference dengan program Bakti Nelayan Tani.

Pada 2023 lalu, utusan Tiongkok sudah melakukan kunjungan ke GNTI untuk menawarkan program-program kerja sama yang produktif. Sebagai langkah awal, GNTI sudah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Tiongkok. GNTI akan melakukan kunjungan balasan ke Tiongkok, diharapkan bisa menghasilkan program bersama. "Jika sudah ada kerja sama kota kembar, kita bisa lakukan kerja sama desa kembar," cetus Banapon.

Kerja sama internasional selanjutnya, GNTI bisa melakukan dengan negara-negara serumpun: Malaysia, Thailand, Jepang, dan yang lainnya, mana yang lebih cepat dilaksanakan. “Kami optimistis bisa melakukan rencana-rencana tersebut, terlebih Ketum GNTI memang memiliki network internasional yang luas dan sangat bagus,” papar Banapon.

Tim GNTI, menurut Banapon, sudah siap melaksanakan program-program yang dicanangkan. Karena itu GNTI optimistis mampu mewujudkan rencana skala nasional, yaitu kemandirian dan kedaulatan pangan.

Agaknya bukan sebuah utopia bahwa optimisme program GNTI akan berjalan baik. Pasalnya, Rakernas PDIP ke-V juga merekomendasikan agar jajaran Tiga Pilar Partai untuk tetap menjalankan program-program kerakyatan.

Para kader diminta tetap berpihak pada buruh, petani, hingga nelayan. Hal itu dilakukan agar angka kemiskinan ekstrem bisa diperangi. Diharapkan angka kemiskinan ekstrem bisa menjadi 0 persen.

GNTI Membersamai Rakyat

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menyampaikan rekomendasi hasil Rakernas V PDIP. Salah satu rekomendasi Rakernas PDIP pada poin ke sembilan: PDIP mendorong seluruh jajaran partai berpihak kepada petani, nelayan, buruh, dan seluruh lapisan masyarakat lainnya guna memerangi kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen. Ia ingin adanya penyediaan lapangan pekerjaan kepada rakyat.

Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menggelar pameran produk UMKM binaan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (24/5/2024). (Foto: GNTI)
Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menggelar pameran produk UMKM binaan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (24/5/2024). (Foto: GNTI)

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bahkan menargetkan partainya menjadi pelopor bagi rakyat Indonesia. Maka dari itu, ia mewanti-wanti kepada para kader PDIP yang tidak mau bekerja untuk rakyat, silakan angkat kaki.

“Partai ini mau saya jadikan partai pelopor, kamu yang tidak bekerja untuk rakyat, out!" kata Megawati saat berpidato di penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, (26/5/2024).

Megawati mengingatkan, seluruh kader PDIP harus memiliki skill yang apik sebagai pelayan rakyat. Oleh sebab itu, menjadi penting setiap kader terus turun ke akar rumput dan meningkatkan kemampuannya untuk membersamai rakyat.

“Seluruh kader PDI Perjuangan harus memiliki sifat progresif, revolusioner, pantang menyerah, tahan banting, dan meningkatkan kecakapannya sebagai kader partai," tegas Megawati.

Keberpihakan PDIP kepada petani, nelayan, buruh, dan seluruh lapisan masyarakat menjadi spirit GNTI selama ini dalam kiprahnya di akar rumput.

Dalam berbagai kesempatan, Prof Rokhmin Dahuri mengatakan, Partai PDIP memiliki komitmen yang konsisten untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa tercinta, tercermin pada rakernas-rakernas sebelumnya yang selalu mengangkat tema yang menjadi permasalahan dan kebutuhan riil bangsa.

"Jika kita flashback memang dalam setiap rakernas PDIP itu selalu mengangkat tema-tema bagaimana membangun Indonesia itu jaya raya, maju, adil, makmur, dan berdaulat," tandas Ketua Umum Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) itu.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image