Aqua Kolaborasi dengan NU Dorong Pendidikan dan Strategi Dakwah Alquran

News  
Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU), badan otonom Nahdlatul Ulama (NU), menyelenggarakan Multaqo Nasional Ulama Alquran pada 26-28 Juni 2024 di Jombang, Jawa Timur. (Foto: JQHNU)
Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU), badan otonom Nahdlatul Ulama (NU), menyelenggarakan Multaqo Nasional Ulama Alquran pada 26-28 Juni 2024 di Jombang, Jawa Timur. (Foto: JQHNU)

NEWS -- Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU), badan otonom Nahdlatul Ulama (NU), menyelenggarakan Multaqo Nasional Ulama Alquran pada 26-28 Juni 2024 di Jombang, Jawa Timur. Kegiatan yang didukung oleh Aqua ini mendorong pengurangan buta huruf Alquran serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkaji dan melestarikan kitab suci demi kebaikan.

Ketua Umum JQHNU, KH Saifullah Ma'shum mengatakan, Multaqo Nasional juga bertujuan untuk mengidentifikasi serta merumuskan berbagai persoalan dan tantangan sambil menghimpun gagasan konstruktif bagi kemajuan pendidikan dan dakwah Alquran di Indonesia.

"Dalam misi ini kami tidak bersikap inklusif karena ini penting bagi masyarakat banyak sehingga kami akan bekerja sama dengan siapapun selama ini baik," kata KH Saifullah di Jombang, Rabu (26/6/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Acara yang dihadiri lebih dari seribu santri dan penghafal Alquran ini juga diramaikan dengan beragam kegiatan lain, seperti dakwah Alquran serta pembinaan para qurra’ dan huffadz, bazar, ziarah, dan tahlil akbar, serta pengajian umum. Selain itu, juga dilaksanakan seminar tentang tantangan dan strategi dakwah Alquran di era digital.

Hadir sebagai pembicara cendekiawan NU Nadirsyah Hosen dan KH Musta’in Syafi’i. Seminar membahas tentang kiat-kiat melakukan dakwah Alquran menggunakan sarana komunikasi populer seperti media sosial.

KH Saifullah melanjutkan bahwa kerja sama dengan berbagai pihak diperlukan untuk negeri dan masyarakat. Menurutnya, setiap pihak tentu memiliki kekuatan dan potensi masing-masing dalam upaya membangun bangsa.

Menurut KH Saifullah, kolaborasi tidak perlu memandang motif politik atau hal-hal lain selama demi kepentingan publik. Penghafal Alqur'an kelahiran Malang ini juga meminta masyarakat agar dapat saling memahami.

"Kemitraan itu harus kita lakukan. Sebab kita di era sekarang tidak bisa sendirian. Jadi kita saling memahami. Dari sisi industri ingin berpartisipasi terhadap program kami, maka mari kita lakukan bersama-sama. Saya kira yang diuntungkan masyarakat," jelas KH Saifullah.

Sekretaris Umum JQHNU, Muhammad Ulinnuha, berterima kasih atas dukungan Aqua dan berharap kolaborasi ini dapat membawa keberkahan bagi semua yang terlibat dan berkontribusi. Ia menegaskan, apapun yang diproduksi perusahaan lokal termasuk Aqua tentu akan memberikan manfaat kembali ke seluruh masyarakat Indonesia.

"Insya Allah mudah-mudahan dicatat sebagai manusia-manusia yang dekat dengan Alquranul Karim dan kita berharap semua mendapat keberkahan," kata Ulinnuha.

Ini bukan kali pertama Aqua berkolaborasi bersama NU untuk memajukan kesejahteraan umat. Sebelumnya, Aqua juga mendukung akses air bersih dan pengelolaan sampah di beberapa pesantren NU. Air bersih dan fasilitas pengelolaan sampah itu dimanfaatkan santri dan warga sekitar untuk kegiatan sehari-hari.

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, mengatakan bahwa semua pihak harus saling membantu dalam memajukan umat. Ia menambahkan, Aqua akan terus berupaya mendukung peningkatan potensi warga Nahdliyin, khususnya generasi muda NU untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Alhamdulillah, mewakili Aqua kami bangga diberikan kesempatan untuk mendukung kegiatan Multaqo Nasional Ulama Alquran," kata Karyanto Wibowo.

Multaqo Nasional Ulama merupakan salah satu agenda penting JQHNU. Konsolidasi seluruh ulama Alquran ini akan mengidentifikasi dan merumuskan berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi JQH. Agenda lain di kegiatan itu adalah sidang pleno guna melahirkan rekomendasi berkenaan dengan isu-isu terkini.

Dalam kegiatan ini, Aqua ikut berkontribusi terkait kebersihan lokasi dari sampah, terutama plastik usai acara tersebut dilangsungkan. Sebanyak 17 dropbox disediakan di seluruh area acara guna memastikan kemasan air minum dalam kemasan (AMDK) tidak menjadi sampah dan mencemari lingkungan.

Aqua memastikan bahwa botol kemasan bekas tidak mencemari lingkungan dengan mengambil kembali kemasan plastik untuk diterapkan prinsip circular economy. Sampah tersebut kemudian akan didaur ulang menjadi botol baru.

"Semoga dukungan ini bermanfaat dan membantu menyukseskan kegiatan Multaqo Nasional Ulama Al-Quran," kata Karyanto Wibowo menandaskan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image