Produk IKM Binaan YDBA Dukung Rantai Pasok dan TKDN Produksi Kendaraan Nasional

Bisnis  
Sejumlah pekerja memproduksi sparepart kendaraan produksi Astra di PT Arkha Industries Indonesia, Purwakarta.

PURWAKARTA -- Yayasan Dharma Bhakti Astra terus berupaya melakukan kolaborasi termasuk mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) maupun Rantai Pasok yang melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM).

Sejak November 2022, YDBA dan PT Astra Honda Motor (PT AHM) bersama Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menjalankan program pengembangan rantai pasok yang melibatkan IKM dan tier 1 PT AHM, salah satunya PT Astra Komponen Indonesia (PT ASKI).

Kolaborasi yang dilakukan sejak 2 tahun lalu ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi perusahaan besar yang bukan hanya concern terkait lokalisasi produk, namun juga pengembangan IKM baik dalam peningkatan kompetensi maupun perluasan pasar IKM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejak November 2022 tercatat sebanyak 39 IKM terlibat dalam kolaborasi rantai pasok ini. Nilai transaksi yang dihasilkan mencapai Rp 110 Milyar atau 105% dari target yang ditetapkan, yaitu Rp 105 Milyar.

YDBA, PT AHM, Kemenperin RI dan KADIN Indonesia melakukan kunjungan langsung ke IKM yang terlibat dalam program kolaborasi ini. IKM tersebut adalah PT Arkha Industries Indonesia yang memasok produknya ke tier 1 PT AHM, yaitu PT Astra Komponen Indonesia (PT ASKI).

Hadir dalam kunjungan, yaitu Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo, Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kemenperin RI, Ir. Dini Hanggandari, MSi, Wakil Ketua Komite Tetap Industri Kecil dan Menengah Alat Angkut, Kadin Indonesia Eric Indra Kurniawan, Quality Assurance Head PT AHM Setyo Budi Anang Yuliarto dan Purchasing and Administration Division Head PT ASKI Calvin Mayrs.

Sejumlah pekerja memproduksi sparepart kendaraan produksi Astra di PT Arkha Industries Indonesia, Purwakarta.
Direktur Operasional IKM binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), PT Arkha Industries Indonesia, Bagus Setiawan (kanan) menunjukkan hasil improvementnya dalam proses painting kepada Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo (kiri), Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) Ir. Dini Hanggandari, MSi (kedua kiri) dan Quality Assurance Head PT Astra Honda Motor (PT AHM) Setyo Budi Anang Yuliarto (kedua kanan) pekan lalu di Purwakarta.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image