News

Perkuat Posisi Sebagai Halal Beauty Brand Terdepan di Indonesia, Wardah Raih 2 Penghargaan Top Halal Award 2025

Pelopor beauty brand terdepan, Wardah, kembali memperkuat posisinya di industri kecantikan di Indonesia dengan meraih 2 penghargaan Top Halal Award untuk kategori Mascara dan Sunscreen dari IHATEC Marketing Research dalam event yang digelar di JS Luwansa Ballroom, Jakarta, pada Rabu (8/10/2025). (Foto: Istimewa)

JAKARTA -- Pelopor beauty brand terdepan, Wardah, kembali memperkuat posisinya di industri kecantikan di Indonesia dengan meraih 2 penghargaan Top Halal Award untuk kategori Mascara dan Sunscreen dari IHATEC Marketing Research. Selain itu, Wardah juga meraih nilai tertinggi Top Halal Index untuk 10 kategori lainnya.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika, kepada Wardah Global Halal Beauty Marketing Group Head, Novia Sukmawaty, di JS Luwansa Ballroom, Jakarta, pada Rabu (8/10/2025).

Penghargaan diberikan kepada kategori produk dengan nilai tertinggi pada Survei Top Halal Index 2025 yang dilakukan oleh IHATEC Marketing Research terhadap 1.800 responden di enam kota besar Indonesia — Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Balikpapan — melalui metode face-to-face interview pada Mei 2025.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari ratusan kategori produk dan ribuan merek yang dinilai, selain mendapatkan 2 nilai tertinggi di Kategori Kosmetik, yaitu Mascara, dan Kategori Skincare, yaitu Sunscreen, Wardah juga berhasil meraih skor tertinggi di atas rata-rata kategori 10 kategori lainnya di antaranya Blush On, Lip Stick, Lip Tint, Foundation, Makeup Remover, Bedak Wajah, Moisturizer, Eye Shadow, Serum, dan Facial Wash.

“Sebagai pionir brand halal beauty di Indonesia, Wardah percaya bahwa halal bukan sekadar label, tetapi wujud komitmen kami terhadap kualitas produk, integritas, dan kebermanfaatan yang diberikan oleh brand untuk masyarakat, khususnya perempuan di Indonesia. Sejak awal, Wardah senantiasa menerapkan prinsip halal yang menyeluruh dari hulu ke hilir, mencakup aspek bahan baku, proses produksi, hingga etika bisnis yang menjamin kualitas dan keamanan produk,” ujar Novia Sukmawaty, Wardah Global Halal Beauty Marketing Group Head.

Penghargaan ini menambah motivasi bagi Wardah untuk terus menghadirkan inovasi halal beauty yang relevan bagi perempuan Indonesia. Dari awal tahun hingga September 2025, Wardah meluncurkan banyak produk inovasi di kategori skin care, maupun kosmetik.

Produk-produk terbaru tersebut merupakan hasil riset para scientist ParagonCorp, yang menggunakan bahan baku terbaik, memanfaatkan kecanggihan beauty technology, serta menyesuaikan skin concern dan skin tone konsumen. Dua produk terbaru unggulan pilihan konsumen di antaranya sunscreen dan mascara.

Untuk format sunscreen, Wardah baru saja meluncurkan Wardah Active Protection Sunscreen Serum SPF 50+ PA++++ yang hadir dengan UltraProof™ Protection Technology, inovasi lapisan pelindung generasi baru untuk memberikan perlindungan tahan lama dari sinar UV yang tahan dari air, keringat, debu, gesekan, mapun pasir. Dilengkapi dengan UltraThinVeil™ Formula yang ringan dan cepat menyerap dalam 8 detik, sunscreen ini memberikan perlindungan maksimal tanpa rasa lengket, no greasy, no tacky, no whitecast—dirancang khusus untuk perempuan aktif dan pecinta olahraga di bawah sinar matahari.

Sementara untuk kosmetik, di Agustus 2025, Wardah meluncurkan dua format mascara, yaitu Wardah Anti-Gravity dan Wardah Hi-Impact Volumizer Mascara. Wardah Anti-Gravity Mascara memiliki aplikator slim iron yang memudahkan jangkauan mascara dari akar ke ujung bulu mata, sehingga memberikan finish look yang lentik natural. Sedangkan, Wardah Hi Impact Volumizer Mascara, memiliki aplikator curved brush, yang mampu membuat bulu mata terlihat 13 kali lebih tebal dan terangkat maksimal.

Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika, menjelaskan, dalam menentukan pemenang Top Halal Award masing-masing kategori, IHATEC marketing research menggunakan dua elemen utama, yaitu elemen merek dan elemen halal. Elemen merek diukur dengan tiga parameter, yaitu merek halal yang paling diingat konsumen, merek halal yang terakhir kali dibeli, dan merek halal yang akan dibeli di masa mendatang. Serta empat parameter dalam elemen halal, yaitu persepsi kehalalan bahan baku, persepsi kehalalan proses produksi, persepsi kehalalan pengemasan, serta persepsi informasi dan komunikasi halal.

"Wardah telah menjadi pionir kosmetik halal di Indonesia sehingga masyarakat sudah memberikan kepercayaan yang besar terhadap Wardah. Tidak heran jika Wardah memiliki skor Top Halal Index yang tinggi dan meraih penghargaan Top Halal Award. Selamat kepada Wardah, semoga pencapaian ini bisa menjadi inspirasi bagi brand halal di Indonesia dan kembali memenangkan Top halal award di tahun mendatang," jelas Evrin.

Pencapaian ini sekaligus menegaskan peran Wardah sebagai brand halal beauty Indonesia yang tidak hanya menjadi kebanggaan nasional, tetapi juga mampu bersaing di pasar global melalui nilai dan kualitas produk yang berstandar internasional.

(***)