Eurofragance Perkenalkan Olivante, Bahan Inovatif Terbaru untuk Parfum Premium
JAKARTA -- Perusahaan multinasional Eurofragance akan meluncurkan bahan parfum eksklusif terbaru keempat, Olivante®, di ajang pameran Beautyworld Middle East yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 27 Oktober 2025. Produsen captive asal Spanyol ini merancang Olivante® untuk memberikan kesan mewah pada berbagai komposisi parfum.
Aroma mewah pada produk parfum terwujud berkat campuran berbagai bahan. Olivante® menawarkan perpaduan aroma lewat cara-cara yang berkelanjutan.
Menurut data dari platform riset pasar Statista, nilai pasar industri parfum di Indonesia mencapai Rp 7,6 triliun (US$457,81 juta). Angka ini diproyeksikan tumbuh sebesar 3,35 persen per tahun (CAGR) pada periode 2025-2030.
Di Indonesia, Eurofragance hadir melalui PT Euronindo Fragrance, sebuah perusahaan yang diakuisisi pada 2023. Sebelumnya, Eurofragance telah merambah pasar lokal lewat kerja sama yang terjalin dengan mitra lokal.
“Indonesia merupakan negara yang berkembang pesat. Kini, saatnya bagi kami untuk meningkatkan investasi di sebuah pasar yang telah dirambah Eurofragance lebih dari 20 tahun lalu,” kata pendiri Eurofragance, Santiago Sabateés, belum lama ini.
Kesan mewah pada setiap kreasi parfum
Sebagai pemimpin pasar global yang menghadirkan parfum bergaya Timur Tengah, Eurofragance melansir Olivante® untuk melengkapi pilihan bahan parfum yang menghasilkan aroma mewah, ciri khas dari produk parfum khas kawasan Teluk Arab.
Aroma fenol, bau yang mirip seperti minyak kastor, seringkali ditemui pada parfum mukhallat, dan Olivante® memiliki banyak karakteristik seperti ini.
Meski terinspirasi dari Timur Tengah, Olivante® juga cocok digunakan untuk parfum bergaya Barat. Para ahli parfum Eurofragance yang telah bereksperimen dengan bahan ini menilai bahwa Olivante® membuat aroma buah menjadi lebih variatif, aroma manis menjadi lebih menarik, dan aroma bunga putih menjadi lebih kentara.
Lantaran dibuat dari produk sampingan zaitun, setelah minyaknya diekstraksi, Olivante® tidak menimbulkan aroma minyak yang kental.
Master Perfumer Eurofragance, Belén Garcia, yang telah bereksperimen dengan bahan baku tersebut, mengatakan, beberapa tahun terakhir, konsumen Barat semakin menyukai aroma kuat khas parfum Timur Tengah, seperti kulit dan gaharu.
"Olivante® memiliki beragam karakter yang bisa dinikmati di berbagai pasar dunia," ujar Belen Garcia.
Produk sampingan zaitun yang menjadi bahan parfum
Ketika mengembangkan bahan parfum keempat yang telah dipatenkan, Eurofragance mengedepankan prinsip keberlanjutan. Eurofragance bekerja sama dengan mitra-mitra di industri minyak zaitun untuk mendaur ulang produk sampingan zaitun menjadi bahan baru yang bernilai tinggi setelah minyaknya diekstraksi.
R&D Manager Ingredients and Fragrance Performance, Felipe San Juan, bersama Technical Perfumer, Magdalena Rey, keduanya bekerja di Eurofragance, menyusuri wilayah pedesaan di Spanyol selama berbulan-bulan untuk mencari varietas zaitun dengan kandungan yang tepat sebagai bahan dasar Olivante®.
Karena varietas zaitun yang berbeda menghasilkan produk sampingan dengan wangi yang berbeda pula, penelitian ini harus menemukan bahan produk sampingan dengan karakteristik aroma yang paling potensial. Keduanya bekerja selama dua tahun bersama ahli pengolahan limbah dari wilayah tertentu di Spanyol untuk mencari bahan dasar yang ideal.
Eurofragance kemudian mengolah dan menyempurnakan bahan dasar tersebut melalui proses yang ramah lingkungan sehingga menjadi bahan parfum alami bernama Olivante®. Seluruh proses tersebut menghasilkan bahan baku wewangian yang 100 persen natural.
"Olivante® tidak bisa dibuat dari sembarang produk sampingan zaitun. Jenis tanah dan iklim dari wilayah tertentu di Spanyol sangat menentukan hasilnya. Kami lalu menggunakan keahlian ilmiah untuk mengekstraksi molekul aroma penting dan menciptakan bahan eksklusif ini," jelas Felipe San Juan.
Pendaftaran paten Olivante® kini tengah diajukan Eurofragance.
Bahan Parfum Ikonik dari Mediterania
Olivante® berkaitan dengan wilayah Levant, tempat asal pohon zaitun. Zaitun lantas disebarkan bangsa Fenisia ke arah barat di seluruh Mediterania hingga merambah Spanyol.
Kini, Eurofragance, rumah parfum terkemuka asal Spanyol, mempersembahkan Olivante®, bahan baku parfum yang menjadi bagian dari warisan Spanyol dan memiliki daya tarik global.
Global Marketing Director Eurofragance, Sine Gucetil, mengatakan, Olivante® memiliki keunggulan sebab memberikan kesan mewah yang lebih segar dan tidak terlalu berat.
"Bukan hanya untuk parfum premium, uji coba awal kami sebenarnya untuk produk perawatan tubuh dan pengharum ruangan. Kami optimistis bahwa Olivante® sangat potensial digunakan secara luas di pasar global," ujar Sine Gucetil.
Dengan menawarkan aroma baru yang natural sekaligus mendukung prinsip keberlanjutan, Olivante® menjadi inovasi penting bagi masa depan industri parfum dunia.
Adapun Eurofragance memproduksi dan memasarkan bahan wewangian (fragrance) terbaik untuk berbagai merek di seluruh dunia yang membuat produk parfum kelas atas, serta produk perawatan rumah, tubuh, dan udara. Eurofragance adalah perusahaan keluarga yang bergerak di segmen B2B, serta berbasis di Barcelona. Eurofragance saat ini memiliki lebih dari 550 tenaga kerja.
Dengan semangat berinovasi pada solusi wewangian dan filosofi bisnis para pendiri perusahaan, Eurofragance pertama kali merintis bisnis di Eropa dan Timur Tengah sebelum merambah kawasan Timur Jauh dan Amerika. Eurofragance kini menjangkau lima benua; memiliki pabrik di Spanyol, Singapura, dan Meksiko; serta, bekerja sama dengan mitra-mitra produksi di Tiongkok dan India.
Didukung jaringan Pusat Kreatif yang berskala internasional, serta keahlian produksi yang luar biasa, Eurofragance menciptakan dan menyediakan fragrance di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, Eurofragance telah membina hubungan jangka panjang dan berkembang bersama mitra-mitra bisnis.
Eurofragance sangat mengutamakan pembangunan berkelanjutan. Maka, seluruh proses pengambilan keputusan berlandaskan inisiatif strategis demi mencapai tujuan tersebut. Eurofragance melaksanakan sejumlah kegiatan dalam empat bidang: keamanan produk, masyarakat, etika bisnis, dan sumber daya.
(***)