Unkris Gelar Bimtek Penelitian Dosen Jelang Pembukaan Kompetisi Hibah Penelitian DRTPM/BRIN 2024

News  
Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Ir Anton Yudhayana (dua dari kiri); Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono (tiga dari kiri), dan Kepala Litbang Unkris Dr R Sihadi Darmo Wihardjo (paling kiri) dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penelitian Unkris-DRTPM/BRIN bagi para dosen pada Rabu (31/01/2024). (Foto: Unkris)
Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Ir Anton Yudhayana (dua dari kiri); Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono (tiga dari kiri), dan Kepala Litbang Unkris Dr R Sihadi Darmo Wihardjo (paling kiri) dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penelitian Unkris-DRTPM/BRIN bagi para dosen pada Rabu (31/01/2024). (Foto: Unkris)

JAKARTA -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penelitian Unkris-DRTPM/BRIN bagi para dosen pada Rabu (31/01/2024). Kegiatan yang diikuti oleh 100 dosen dari berbagai program studi tersebut digelar untuk menguatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) berbasis riset dan penelitian.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Ir Anton Yudhayana, ST, MT, PhD tersebut merupakan hasil kerja sama antara Unkris dengan UAD. Hadir Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, MSiP, CIQaR, para wakil (warek), Kepala Litbang Unkris Dr. R. Sihadi Darmo Wihardjo, MA, MPd, dan para dekan.

Dr Ayub mengatakan, Bimtek Penelitian Unkris menjadi bentuk sinergi antara Unkris dengan Universitas Ahmad Dahlan guna meningkatkan kemampuan penelitian dosen.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kegiatan ini salah satu bentuk komitmen kerjasama dengan UAD meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi para dosen yang ada di lingkungan Universitas Krisnadwipayana,” kata Dr Ayub Muktiono dalam sambutannya sesuai keterangan tertulisnya, Rabu (31/1/2024).

Dr Ayub berharap, usai mengikuti Bimtek Penelitian Unkris, para dosen menjadi lebih tahu trik dan tips-tips untuk bisa lolos dalam program hibah penelitian DRTPM yang akan dibuka pada Maret 2024 ini. Sebagai catatan, tahun lalu Dosen Unkris berhasil memperoleh 6 paket hibah penelitian. “Saya berharap tahun ini akan meledak jumlahnya, dari semua fakultas,” katanya.

Menurut Rektor Unkris, Lembaga Litbang Unkris yang kini masuk klaster utama memiliki syarat dan kriteria khusus dalam hal kompetisi hibah penelitian DRTPM, salah satunya adalah skor SINTA. Data terakhir menunjukkan baru sekitar 10 persen dosen Unkris yang memenuhi kriteria skor sinta sebagaimana disyaratkan.

“Karena itu kami akan dorong para dosen untuk melakukan penelitian internal yang nantinya bisa dipublikasikan di jurnal terakreditasi. Penelitian internal ini menjadi harapan untuk bisa mengejar skor sinta,” jelas Dr Ayub.

Lebih lanjut Dr Ayub mengatakan bahwa mendorong dosen melakukan penelitian merupakan amanah pendiri Unkris. Sesuai akta pendirian Unkris tahun 1954, Unkris menyelenggarakan pembelajaran, penyelidikan (penelitian), dan pengabdian. Penelitian yang diiinginkan pendiri Unkris harus mengandung budi pekerti, tidak meninggalan keinsyafan bathin, dan berfaedah atau bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi saya pesan betul agar dalam kegiatan penelitian, para dosen ingat tiga hal tersebut yakni budi pekerti, keinsyafan bathin, dan kebermanfaatan bagi masyarakat,” kata Dr Ayub.

Baca selanjutnya...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image