Bakornas LKMI PB HMI Siap Bersinergi dalam Percepatan Penurunan Stunting

Serba Serbi  
Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti, S.E, M.T (tengah) usai memberikan materi pendekatan pencegahan stunting melalui keluarga yang digelar Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) PB HMI pada 28 sampai 30 Juli 2023. (foto: LKMI PB HMI)
Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti, S.E, M.T (tengah) usai memberikan materi pendekatan pencegahan stunting melalui keluarga yang digelar Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) PB HMI pada 28 sampai 30 Juli 2023. (foto: LKMI PB HMI)

Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) PB Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) mengadakan Latihan Kader Kesehatan Nasional (LK Kes Nasional) dengan tema "Ikhtiar HMI dalam Percepatan Penurunan Stunting". Pelatihan sekaligus pelantikan 50 kader dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia itu digelar di Pusat Pendidikan Latihan BPJS Cisarua Bogor, Jawa Barat, selama 3 hari dari 28 sampai 30 Juli 2023.

Berbagai tokoh nasional hadir sebagai narasumber. Seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto, Kepala BKKBN RI Dr. (Hc). dr. Hasto Wardoyo, SP. Og (K) yang diwakili oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti, S.E, M.T, Kepala BPOM Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Dr. dr. Andi Afdal, MBA., AAK, Komisaris Utama PT Kimia Farma Tbk Prof Dr dr. Fachmi Idris, M. Kes, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emmanuel Melkiades Laka Lena.

Direktur Bakornas LKMI PB HMI, dr Fahmi Dwika Hafiz Triono mengatakan, dengan adanya acara ini Bakornas LKMI PB HMI siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam percepatan penurunan stunting.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Acara ini memang di desain sedemikian rupa agar kader kesehatan yang mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensinya dalam percepatan penurunan stunting," ujar dr Fahmi dalam keterangan tertulisanya, Senin, 31 Juli 2023.

Menurut dr Fahmi, kompetensi yang diharapkan dari peserta setelah mengikuti pelatihan ini, yaitu mampu menganalisa wacana kritis di bidang kesehatan, mampu menganalisa sistem ketahanan kesehatan yang ada di Indonesia, serta mampu untuk mengadvokasi kebijakan kesehatan di tingkat pusat sampai daerah. "Sehingga setelah kembali ke wilayah masing-masing peserta dapat berkolaborasi dengan pemerintah pusat sampai daerah sesuai instruksi Presiden RI yaitu gotong royong dalam percepatan penurunan stunting."

Salah satu peserta dari LKMI Elbar Rosyad Muttaqin menyebutkan bahwa LK Kes Nasional tahun ini menghadirkan pemateri yang sangat ahli pada bidangnya.

"Saya sangat mengapresiasi Bakornas LKMI PB HMI karena telah menyelenggarakan acara yang menghadirkan ruang-ruang diskusi konstruktif sehingga kami para peserta dapat menerima materi dengan baik," jelas Rosyad. "Harapannya semoga setelah ini para peserta dapat mengimplementasikan ilmunya dengan baik dan mengimplementasikan ilmunya di daerah masing-masing."

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image